bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Tempat Wisata
Pantai Palangpang di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, kini sedang berkembang.

Melongok Pantai Palangpang, Destinasi Wisata yang Sedang Menggeliat

BERITABAIK.ID - Pantai Palangpang yang terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, kini semakin berkembang.

Pantai yang masuk dalam zona utama UNESCO Global Geopark (UGG) tersebut kini semakin banyak dikunjungi wisatawan sejak ditetapkan sebagai Taman Bumi Global oleh UNESCO pada April 2018.

"Alhamdulillah, sejak 2018 perekonomian di sini terus meningkat dirasakan masyarakat dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang," kata pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Sukabumi Mudrika, akhir pekan lalu. 

Menurut Mudrika, hingga saat ini ada sekitar 2.000 kamar untuk menginap wisatawan, terdiri dari hotel, bungalo, dan rumah tinggal (homestay).

Baca Juga: Tradisi Adu Kuda, Simbol Harga Diri Masyarakat Muna

"Yang lebih banyak di sini justru homestay. Pemiliknya kebanyakan mantan TKI yang sekarang mengelola homestay. Penghasilan mereka justru lebih besar dibanding jadi TKI," ujar Mudrika dalam keterangan persnya.

Selain itu para nelayan yang tadinya hanya mengandalkan menangkap ikan, mereka kini juga mempunyai usaha sampingan menyewakan perahu wisata untuk menyeberang ke pantai pasir putih.

Namun Mudrika juga mengatakan masih banyak yang harus dibenahi terutama di kawasan Pantai Palangpang. Di antaranya fasilitas umum untuk sanitasi seperti toilet yang memadai, dan infrastruktur lainnya.

"Terutama masalah sampah di kawasan pantai, kita belum memiliki alat berat untuk membersihkan sampah, karena kebanyakan sampah datang dari laut. Kalau sampah kecil masih bisa dibersihkan secara manual," jelas Mudrika.

Baca Juga: Mengintip Keindahan Wisata Alam Buatan di Desa Duyun Riau

Hal yang sama diungkapkan salah seorang pengunjung, Yanto (39) asal Tangerang. Menurutnya perlu lebih banyak lagi toilet umum, pemeliharaan jalan, dan penataan pedagang.

"Yang lain-lainnya, sih sudah bagus, ya , termasuk jalan akses ke sini juga mulus, hanya harus terus dipelihara," ujarnya.

Yanto merasa terkesan dengan keindahan Pantai Palangpang yang baru pertama kalinya dikunjungi itu.

"Semoga semakin diperhatikan fasilitas penunjangnya. Saya yakin ke depan ini akan menjadi destinasi favorit," tutupnya.

Baca Juga: Empat Tahun Tiarap, Crayola Eyes Merilis Single 'Spectrum (for Sonic Boom)'

Adapun Palangpang akan menjadi titik start dalam kegiatan bertajuk Cycling De Jabar, yang berlangsung pada 27-28 Agustus 2022.

Kegiatan pariwisata berbasis olahraga ini merupakan kali pertama digelar kerja sama antara Pemda  Provinsi Jabar dengan harian Kompas dan Bank Jabar Banten (BJB).

Peserta atau pesepeda dalam ajang Cycling De Jabar akan melihat keindahan panorama Jabar Selatan dengan rute sejauh 320 kilometer, mulai dari titik start di Pantai Palangpang, Kabupaten Sukabumi hingga finis di Kabupaten Pangandaran.***

 

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Kenalkan Rempah dan Kebiasaan Membaca pada si Kecil lewat Spicestory

Tradisi Adu Kuda, Simbol Harga Diri Masyarakat Muna