bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Tempat Wisata
Pemkot Bandung meresmikan jembatan Cika Cika sebagai apresiasi terhadap komunitas penjaga lingkungan.

Jembatan Cika Cika, Wisata Edukasi Baru di Kota Bandung

BERITABAIK.ID - Namanya jembatan Cika Cika. Lokasinya ada di Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Jembatan itu baru saja diresmikan Kamis (25/8/2022) sebagai apresiasi terhadap Komunitas Cika Cika yang aktif menjaga kelestarian lingkungan.

Ketua Komunitas Cika Cika Abah Gofar mengucapkan terima kasih atas diresmikannya jembatan Cika Cika.

Hal tersebut sangat berdampak positif bagi mobilitas masyarakat. Cika Cika merupakan singkatan dari Cikapundung - Cikapala.

"Komunitas Cika Cika mempunyai visi melindungi bantaran sungal Cikapundung dari berbagai limbah serta mendukung program kerja pemerintah tentang lingkungan hidup," katanya.

Baca Juga: Kolaborasi Jabar-Bali Bangkitkan Perekonomian Pascapandemi

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengapresiasi komunitas yang tengah menjaga lingkungan selama ini.

"Kami apresiasi komunitas yang menjaga lingkungan, sehingga ekosistem tempat ini berjalan dengan baik. Hal ini juga ikut menjaga kebersihan sungai yang melintas ke Bandung," katanya.

Yana berharap, semakin banyak aktivitas seperti ini untuk menjaga lingkungan. "Harapannya makin banyak aktivitas seperti ini menjaga bersama," katanya.

Menurutnya, terdapat ruang yang banyak dimanfaatkan. Ruang publik, sampai ruang edukasi hingga mampu menarik wisatawan juga.

"Jadi ruang publik dulu, tempat ini dimanfaatkan sebanyak mungkin orang. Ada tempat edukasi, menarik juga buat wisata. Harapannya bisa dipelihara dengan baik oleh masyarakat," tuturnya.

Baca Juga: Atasi Sampah di Kota Bandung, Yuk Belajar ke Sekolah Kang Pisman

Terkait penataan sungai, Yana mengaku terus berkoordinasi dengan pengelola cekungan Bandung yang melibatkan 5 wilayah kabupaten kota di aglomerasi Bandung.

"Kemarin ada pertemuan dengan pengelola Cekungan Bandung melibatkan 5 wilayah kabupaten kota di aglomersi Bandung," kata Yana.

"Memang hulunya wilayah lain itu butuh kordinasi. Itu diinisiasi oleh Badan Pengelola Cekungan Bandung. Kuncinya kordinasi lintas wilayah yang diambil oleh tingkat besar," tambahnya.

Kepala DSDABM, Didi Ruswandi menyampaikan, jembatan ini memfasilitasi ruang ekspresi dan edukasi komunitas Cika Cika yang bergerak di bidang lingkungan seni dan budaya.

"Jembatan ini merupakan apresiasi pemerintah atas dedikasi dan partisipasi aktif komunitas Cika Cika dalam menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan sungai," tuturnya.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Akhirnya, ‘Mencuri Raden Saleh’ Tayang di Bioskop

Kolaborasi Jabar-Bali Bangkitkan Perekonomian Pascapandemi