bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Bercerita
Ajang Kustomfest 2022 yang digelar di Jogja Expo Center, 1-2 Oktober 2022.

Mengintip Keseruan Kustomfest 2022 Setelah 2 Tahun Vakum

 

BERITABAIK.ID - Setelah vakum selama dua tahun, Kustomfest kembali digelar di Jogja Expo Center, 1-2 Oktober 2022.

Mengusung tema ‘We’ll be Back’, gelaran ini menjadi ajang yang tak hanya ditunggu pelaku kustom domestik, namun juga dari mancanegara.

Euforia serta antusiasme terhadap Kustomfest sudah terlihat sejak dua bulan lalu. Banyak pelaku kustom otomotif dari berbagai daerah berlomba-lomba mendaftarkan karya mereka agar lolos kurasi.

Director Kustomfest, Lulut Wahyudi menyampaikan kurasi Kustomfest tahun ini lebih ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sehingga kualitas dan bentuk karya yang ditampilkan adalah karya baru yang belum pernah ditampilkan di ajang serupa.

Lulut menambahkan Kustomfest adalah ajang yang digarap sungguh-sungguh dengan harapan dapat melakukan ekspansi pasar dan sumber daya manusia lebih luas lagi.

“Dengan Kustomfest, semoga dunia kustom Indonesia dapat bangun, berkembang, bahkan mampu melakukan ekspansi, termasuk ekspansi sumber daya manusia. Banyak tenaga ahli seperti welder (tukang las) di dunia kustom Indonesia yang mumpuni,” ujarnya.

Baca Juga: Hari Batik Nasional, Batik Raksasa 450 Meter Membentang di Kota Bandung

Pada edisi 2022, Kustomfest juga merespon keresahan energi. Hal itu diwujudkan dengan hadirnya Candradimuka yang merupakan motor listrik.

Konsep kendaraan ini adalah Chopper Electric Bike karya Retro Classic Cycles.

“Ini adalah salah satu bukti kreativitas, yang biasanya dengan bahan bakar fosil lalu berlarih ke tenaga elektrik,” kata Lulut.

Lulut memastikan para montir melek teknologi. Dia juga meyakini bengkel-bengkel siap melayani konversi energi. Mengubah motor bertenaga bahan bakar minyak menjadi tenaga elektrik.

“Kustomfest bukan tidak menguasai teknologi, kami menguasai, sehingga berharap ketika program pemerintah dijalankan. Konversi dari bahan bakar fosil ke elektrik bisa dikerjakan oleh rekan-rekan, pelaku di dunia kustom,” ucapnya.

Baca Juga: Ikon Baru dan Solusi Kemacetan, Fly Over Kopo Difungsikan Hari ini

Acara ini mendapat apresiasi dari Menparekraf RI Sandiaga Uno. Ia mendukung penuh gerakan yang menurutnya dapat meningkatkan perekonomian Indonesia lewat ekonomi kreatif ini.

“Indonesia mengandalkan industri kreatif untuk kebangkitan dan pemulihan ekonomi. Industri kreatif diharapkan mampu membuka lebih banyak lapangan kerja. Apalagi untuk industri kreatif, Indonesia berada di urutan nomor tiga setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan ajang ini turut menguatkan ekosistem kraft di Kabupaten Bantul.

“Kustomfest masuk dalam rumpun kraft sehingga turut menguatkan ekosistem kraft di Kabupaten Bantul yang sedang mendaftarkan diri sebagai salah satu jejaring kota kreatif dunia versi UNESCO. Apalagi dalam industri kreatif, Bantul unggul dalam volume ekspor maupun jumlah perajin,” ujar Halim. ***

Editor : Marshal Deru Bumi

Sering Migrain, Yuk Hindari Makanan dan Minuman Ini!

Hari Batik Nasional, Batik Raksasa 450 Meter Membentang di Kota Bandung