bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Olahraga
Ilustrasi latihan barbel sebagai salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan di pagi hari.

5 Olahraga Ini Cocok Dilakukan Sebelum Berangkat Kerja

BERITABAIK.ID - TemanBaik, berolahraga di pagi hari memiliki sejumlah manfaat. Selain meningkatkan mood seharian, kegiatan ini juga mampu meningkatkan kemampuan otak dan menjaga produktivitasmu saat bekerja. 

Penelitian yang dilakukan oleh Appalachian State University turut menunjukkan manfaat lain dari berolahraga pagi secara rutin. Di antaranya menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kualitas tidur.

Keduanya adalah faktor yang penting agar kamu dapat menjalani rutinitas dengan baik pada keesokan harinya.

Kamu dapat berolahraga dengan atau tanpa alat khusus, baik di dalam maupun di luar rumah. Jadi, kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan alat yang tersedia di rumah dan seberapa banyak waktu yang kamu miliki sebelum berangkat kerja.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa olahraga ringan sebelum bekerja yang dapat kamu lakukan:

1. Berjalan Kaki atau Jogging 

Jika kamu memiliki lebih banyak waktu luang sebelum berangkat kerja, cobalah olahraga luar rumah seperti berjalan atau jogging. Awali dengan berjalan cepat, lalu lanjutkan dengan berlari selama 30 menit.

Baca Juga: Deris Nagara, Pemuda Ciamis yang Jadi Presiden BEM Columbia University

Berikan jeda setiap 10 menit sekali. Latihan aerobik ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Tubuhmu juga akan membakar hingga 140-295 kalori.

2. Latihan Barbel 

Latihan menggunakan barbel adalah jenis olahraga fleksibel yang dapat dikombinasikan dengan berbagai variasi gerakan. Misalnya squat, lunge depan dan samping, lunge bicep curl, deadlift, dan sebagainya.

Gerakan ini akan memperkuat jaringan otot, menjaga kesehatan sistem peredaran darah, serta dapat membakar hingga 110 kalori. 

3. Peregangan 'Cat Camel Stretch'

Kamu bisa mencoba peregangan yang satu ini. Caranya: awali gerakan peregangan dengan bertumpu pada kedua telapak tangan dan lutut.

Kemudian, lekukkan punggung hingga kamu dapat melihat area perut. Luruskan kembali punggungmu dan dongakkan kepala hingga punggungmu melengkung.

Baca Juga: Oscar Lolang Tampilkan Identitas Folk Sejati lewat Video Klip Barunya

Lakukan gerakan olahraga ringan ini sebanyak 4-5 kali sebelum pergi bekerja.

4. Jumping Jacks

Selanjutnya, kamu dapat memilih jumping jacks sebagai olahraga pagimu.

Mulailah dengan berdiri dalam posisi tegap dan kedua kaki rapat. Kemudian, melompatlah sambil melebarkan tangan dan kaki. Kembalilah ke posisi awal dan ulangi kembali.

Lakukan gerakan ringan ini selama satu menit, lalu tambahkan durasinya sedikit demi sedikit.

5. Gerakan Yoga Dasar 

Ada berbagai gerakan yoga dasar yang dapat kamu lakukan, dan salah satu gerakan paling sederhana yang tidak membutuhkan banyak ruang adalah pose pohon. 

Baca Juga: #AksiBaik UnpadSF Merawat Kehidupan Hewan di Jalanan

Untuk melakukannya, kamu cukup berdiri dengan satu kaki sambil mengangkat kaki yang lain. Posisikan kedua tanganmu seperti sedang bersedekap.

Tahan posisi ini selama 1-2 menit, lalu ulangi dengan bertumpu pada kakimu yang satunya.

Jika sudah terbiasa dengan gerakan ringan, kamu dapat melanjutkan rutinitas olahraga pagi dengan latihan-latihan yang intensitasnya lebih berat.

Namun, sesuaikan latihan ini dengan kemampuanmu. Lakukan gerakan olahraga sesuai prosedur untuk menghindari efek samping seperti keseleo dan cedera. **

Editor : Marshal Deru Bumi

Segera Top Up Saldo e-Wallet Pakai DIGI, Raih Bonus Saldo DigiCash Jutaan Rupiah

Deris Nagara, Pemuda Ciamis yang Jadi Presiden BEM Columbia University