bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kesehatan
Ilustrasi orang yang terserang flu.

Agar Tak Mengganggu, Atasi Flu dengan 7 Cara Alami Ini!

 

BERITABAIK.ID - Cuaca tak menentu membuat kita rentan terserang flu atau pilek. Tidak jarang hal ini menghambat pekerjaan atau rutinitas kita sehari-hari.

Gejala dari flu cukup beragam, seperti hidung tersumbat, batuk, bersin-bersin, demam, sakit kepala, terasa nyeri saat menelan, nyeri otot, dan lain sebagainya.

Walau kerap kali tidak bergejala cukup serius, flu sebaiknya tak dibiarkan begitu saja. Sebab, flu yang berkepanjangan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan dikhawatirkan akan menyebabkan komplikasi lain, seperti infeksi telinga, peradangan bronkitis, dan sejenisnya.

Maka dari itu, ada beberapa cara mengatasi flu yang bisa Anda lakukan dengan mudah secara mandiri. Berikut penjelasannya.

1. Menghirup Uap Hangat 

Uap hangat dapat membantu mengencerkan lendir sekaligus melemaskan saluran hidung yang bengkak akibat flu. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi kesusahan untuk sekadar bernapas.

Caranya, isilah sebuah baskom dengan air panas, lalu posisikan kepala Anda menunduk tepat di atas permukaan air.

Baca Juga: Mulianya Hati Bu Lina, 20 Tahun Menebar Kasih untuk Oma-Opa di Panti Sosial

Tutupi kepala dengan handuk supaya uap panas tidak menguar ke mana-mana. Pastikan jarak wajah dan air panas tidak terlalu dekat.

Untuk menambah efek relaksasi, kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air hangat tersebut.

2. Minum Air Putih

Tidak hanya mencegah dehidrasi, minum air putih juga dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan melembapkan tenggorokan.

Tidak melulu air putih, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dari minuman lain, seperti jus buah asli, air jahe, dan teh hangat.

Akan tetapi, hindari minuman kemasan dengan kandungan gula tinggi, minuman beralkohol, dan minuman berkafein.

3. Berkumur Menggunakan Air Garam

Berkumur menggunakan air garam juga menjadi cara mengatasi flu yang efektif. Pasalnya, berkumur menggunakan air garam dapat membantu mengurangi rasa gatal di tenggorokan saat sedang flu.

Baca Juga: Segera Top Up Saldo e-Wallet Pakai DIGI, Raih Bonus Saldo DigiCash Jutaan Rupiah

Selain itu, air garam juga didapati mampu membersihkan lendir serta mengurangi peradangan yang terjadi pada tenggorokan. 

4. Olahraga Ringan

Walaupun sedang sakit, kamu tetap disarankan untuk melakukan olahraga yang berintensitas rendah, seperti jalan pagi, yoga, dan sejenisnya.

Ya, olahraga ringan ini dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. 

5. Gunakan Pelembap Udara

Suhu dingin dan udara kering di ruangan ber-AC dapat menyebabkan hidung dan tenggorokan semakin gatal.

Berada terlalu lama di ruangan ber-AC juga bisa menyebabkan mulut kering yang semakin memperparah gejala flu yang kamu alami.

Sebagai solusinya, kamu bisa memakai humidifer (alat pelembap udara). Humidifier efektif untuk melembapkan udara sekaligus membantu melegakan pernapasanmu.

Namun, pastikan kamu membersihkan alat ini secara rutin dan tidak menggunakannya secara berlebihan.

Baca Juga: 5 Olahraga Ini Cocok Dilakukan Sebelum Berangkat Kerja

Penggunaan humidifier yang keliru dapat membuat udara terlalu lembap sehingga memudahkan bakteri dan jamur untuk berkembang biak.

6. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

Salah satu manfaat konsumsi vitamin C dari makanan dan suplemen adalah meningkatkan sistem imun.

Jika kamu ingin menyembuhkan pilek dengan cepat, tentu ini merupakan cara yang tak boleh terlewatkan.

Obat pilek alami ini mudah sekali ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, terutama: jeruk, lemon, belimbing, tomat, jambu, paprika, kiwi, brokoli, pepaya, dan stroberi.

Sebagai catatan, jika kamu ingin mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

7. Banyak Istirahat 

Selama pilek, kurangilah interaksi dengan orang lain untuk mencegah penularan. Gunakan lebih banyak waktumu untuk beristirahat dan tidur 7–8 jam sehari. 

Dalam laman resminya, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan orang yang sakit flu dan pilek untuk istirahat di rumah setidaknya 24 jam setelah demam turun.

Kamu bisa kembali beraktivitas saat kondisi tubuh benar-benar fit. Namun, jika memang harus keluar rumah, gunakan masker untuk menghindari penularan ke orang lain. **

Editor : Marshal Deru Bumi

Taman Edukasi Terakota Hadir di Kota Bandung

Mulianya Hati Bu Lina, 20 Tahun Menebar Kasih untuk Oma-Opa di Panti Sosial