bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup
Ilustrasi sakit pinggang.

3 Cara ini Ampuh Redakan Sakit Pinggang

 

BERITABAIK.ID - Sakit pinggang bisa menjadi salah satu penghambat rutinitas kita. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, bahkan juga kalangan muda loh!

Umumnya, pengidap sakit pinggang akan mengalami pinggang yang terasa sangat kaku, rasa nyeri dari bagian bokong hingga kaki, sulit berdiri tegak, dan nyeri yang cukup parah ketika mengangkat benda berat, membungkuk, atau duduk terlalu lama.

Namun, jangan khawatir, kondisi ini dapat diredakan dengan beberapa gerakan yang dilakukan dengan mudah, seperti:

1. Mengencangkan Otot Perut

Jika kamu merasakan sakit pinggang, sebaiknya cobalah untuk mengencangkan otot bagian perut sambal menarik napas dalam. Kamu dapat lakukan ini dengan posisi berbaring dan tekuk kedua lutut dengan kaki menapak lantai. Angkat perlahan tubuh.

Tarik napas dalam-dalam, tahan selama beberapa detik dan lepaskan. Ulangi gerakan ini beberapa kali hingga kamu merasa lebih nyaman dengan kondisi pinggangmu. Ingat, jangan lakukan gerakan ini secara terburu-buru karena berisiko cedera.

2. Tekuk Lutut Hingga Dada

Melansir dari Healthline, gerakan ini cukup efektif untuk meringankan gejala sakit pinggang karena dapat menguatkan otot pinggang dan juga meredakan ketegangan yang terjadi pada bagian pinggang. 

Baca Juga: Atasi Geng Motor dan Radikalisme, Disdik Gandeng Polda Jabar

Berbaring dengan posisi wajah menghadap ke atas, letakkan kedua tangan di samping badan. Perlahan tekuk lutut hingga ke dada hingga kamu merasakan tarikan ringan pada bagian pinggang. Tahan selama beberapa detik dan ulangi pada kaki yang lain.

3. Cat Stretches

Posisi ini membantu kamu melepaskan ketegangan yang terjadi pada bagian otot pinggang. Selain itu, gerakannya mudah dilakukan. Posisikan tubuh seperti akan merangkak, kemudian perlahan tarik bagian lutut dan kaki ke belakang.

Berikan jarak antara kedua lutut dan angkat tubuh perlahan dengan menggunakan kedua tangan. Tahan selama beberapa detik dan jangan lupa untuk kembalikan posisi tubuh pada posisi normal secara perlahan.

TemanBaik, yuk saling ingatkan pertolongan pertama saat tubuh kita berhadapan dengan penyakit yang menghambat rutinitas! **

Editor : Marshal Deru Bumi

Sambil Main ke Gedung Sate, Coba Kunjungi Kolam Retensi dan Taman Ini

Atasi Geng Motor dan Radikalisme, Disdik Gandeng Polda Jabar