bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Ilustrasi kereta api.

Mulai 2024, Kereta Api Bandung Raya Dikonversi Jadi KRL

 

BERITABAIK.ID - Kereta Api Bandung Raya akan berubah menjadi Kereta Rel Listrik (KRL) Bandung Raya. Perubahan ini akan direalisasikan pada 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Dadang Darmawan menyebut, kereta api disel yang saat ini menjadi transportasi publik rute Padalarang - Bandung - Cicalengka ke depan dikonversi menjadi KRL.

Adapun proses konversinya pada 2024 atau tahap pertama diberlakukan untuk Padalarang - Bandung. Dilanjutkan tahap kedua, Bandung - Cicalengka.

“Secara bertahap, feeder yang awalnya kereta disel, akan diganti jadi kereta listrik,” ucap Dadang usai audiensi bersama Dirjen Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub.

Baca Juga: Pisang Goreng Dipilih Menjadi Makanan Penutup Terenak Nomor 1 di Dunia

Ia menambahkan, konversi KRD menjadi KRL ini juga masuk sebagai salah satu feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang nantinya akan beroperasi di wilayah Bandung Raya.

Dadang juga menyebut, transportasi publik menjadi isu penting dan strategis yang ada di Kota Bandung. Sehingga dengan hadirnya transportasi publik yang memadai, angka kemacetan di Kota Bandung dapat ditekan.

“Pada prinsipnya Pemkot Bandung sangat mendukung dan gembira akan program terkait aksesibilitas masyarakat yang akan berkunjung ke Kota Bandung,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubdit Fasilitas Operasi Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Ferdian Suryo menyebut, konversi KRD menjadi KRL berpotensi meningkatkan jumlah penumpang atau pengguna layanan transportasi publik ini.

Baca Juga: Food Blogger Hendri Aditya, Semangat Berbagi, Tebar Inspirasi Kebaikan

Ia berkaca pada keberhasilan konversi kereta Prameks (rute Solo - Yogyakarta), yang meningkatkan jumlah pengguna hingga 100 persen.

Ferdian menjelaskan, 61 kereta (KRD) Padalarang - Bandung - Cicalengka yang saat ini beroperasi bisa mengangkut hingga 45.000 penumpang per harinya.

“Jadi kami juga meminta kolaborasi dengan Pemkot Bandung untuk proses ke depannya,” ucap Ferdian.

Selanjutnya, pihak Pemkot Bandung akan berkoordinasi secara teknis dengan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub terkait konversi KRD menjadi KRL ini. **

Editor : Marshal Deru Bumi

Sama-sama Cegah! Penyakit Rentan Menyerang Anak Saat Musim Pancaroba

‘Akhir Setiap Mula’, Kepastian Eksistensi St Loco di Industri Musik