bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Salah satu peserta Enduro Indonesia Series 2023. (Foto: Istimewa)

Ratusan Pembalap MTB Sukses Taklukkan Galunggung Bike Park

BERITABAIK.ID - Ratusan pembalap MTB menaklukkan trek Galunggung Bike Park, Tasikmalaya pada event akbar bertajuk 'Enduro Indonesia Series (EIS) 2023', Jumat (24/2/2023) hingga Minggu (26/2/2023).

Enduro Indonesia Series 'EIS', yang awalnya bernama Gravity Enduro Indonesia merupakan seri balap MTB enduro yang dilaksanakan oleh CAF Gravity Indonesia.

CAF Gravity Indonesia merupakan kolaborasi antara PT CAF dengan Gravity Enduro Indonesia.

Keduanya sama-sama memiliki visi misi memajukan MTB Enduro Indonesia dan Internasional dan juga menjadi leader dalam bidangnya. EIS menghadirkan trails, event, dan sportourism yang menantang.

Founder CAF Gravity Indonesia Moch Yanuar Anugrah mengatakan, pada seri pertama ini, antusiasme para peserta sangat tinggi.

Baca Juga : Teguh Pribadi, Sosok Kreatif di Balik Konten Menarik Kang Emil

Bukan hanya dari Indonesia, peserta juga datang dari Singapura, Malaysia dan Brunei yang ikut bertarung.

"Sampai hari ketiga series 1 berlangsung lancar, dan 2 series lagi akan kami gelar di tahun ini yaitu di Cikole dan Bali," kata Yanuar dalam keterangan persnya.

Menurut Yanuar, konsep yang dihadirkan mengadopsi sistem Enduro internasional.

"Peraturan MTB yang kami hadirkan mungkin masih asing di Indonesia. Namun, kami gelar agar ke depannya para pembalap MTB bisa mengikuti kancah international dan tidak kaget," ucapnya.

Yanuar menambahkan, Galunggung Bike Park Tasikmalaya dipilih karena pemandangan yang disuguhkan begitu bagus dengan trek cukup mumpuni.

"Kelebihan Enduro Indonesia Series multi stage jarak mulai dari star dan finish harus dipedali. Terlebih Galunggung pada musim hujan kontur tanah berpasir, elefasi diatas 300," kata Yanuar.

Baca Juga : Tekan 10 Ton Sampah, TPST Cicukang Hadir dengan Teknologi RDF

Selain itu, lanjut dia, standardisasi international minimum elite, perolehan waktu minimum 15 menit. Untuk memenuhi target tersebut, Galunggung merupakan tempat yang pas.

"Karena salah satu trek terpanjang, downhillnya ada dan Galunggung memiliki fasilitas cukup, terutama untuk jalur akses jalannya sudah bagus," kata Yanuar.

Race Director EIS AT Wiryawan menjelaskan, EIS 2023 dibagi menjadi 2 Klasifikasi, yaitu EIS100 untuk para peserta elite atau Pro dan kelas EIS80 bagi para pehobi.

Total ada total 13 kelas yaitu EIS-Men Pro (17-up), EIS-Men U23 (up to 23), EIS-Junior (17-18), EIS-Master A (30 +), EIS-Master B (37+), dan EIS-Women (open Age).

Kemudian EIS80-Youth (up to 17), EIS80-Men Open (open Age), EIS80-Master A (30+), EIS80-Master B (37+), EIS80-Master C (47+), EIS80-Women (Open Age) dan e-EIS (Open Age, Exhibition).

Baca Juga : Bikin Bangga! Guru SD Negeri di Kota Bandung Raih Beasiswa S-2 di Monash University

"Total hadiah uang cash yang diperebutkan adalah 97 juta rupiah," bebernya.

Wiryawan menambahkan, EIS2023 bangga membawa pula kampanye #Sportourism pada semua pelaksanaan event-nya.

Hal ini dibuktikan dengan selalu mengikutsertakan budaya lokal setempat dengan segala potensinya.

"Area Event EIS 1st series ini juga dilaksanakan di kawasan wisata Gunung Galunggung yang memiliki banyak keindahan alamnya," akunya.

"EIS 2023 akan digelar 3 seri skala Nasional dan 1 skala Internasional, yaitu 2nd Series Mei 2023 di Track 11 Sukawana & Cikole Bike Park, Lembang Jawa Barat 3rd Series atau Enduro World Seris Qualifier, Juli 2023 di Gunung Batur - Kintamani Bali," katanya.

Dari event tersebut, lanjut Wiryawan, hasil 3 series yang digelar dan sistem akumulasi poin, 4 pointer tertinggi (khusus dari kelas Elite dan Pro ) akan dikirimkan ke Asia Enduro Series - South Korea pada bulan Oktober 2023.

Selama tiga hari berlangsung, Enduro Indonesia Series (EIS) 2023' juga menyuguhkan potensi-potensi UMKM lokal diberikan ruang untuk mempromosikan yang mereka lakukan.

Ditambah dengan hadirnya music Performances sebagai hiburan dari Ebith Beat * A X Manshur Angklung dan tarian tradisional dari sanggar Tasikmalaya.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Teguh Pribadi, Sosok Kreatif di Balik Konten Menarik Kang Emil

Cerita dari Kebun Seni Tamansari, Memutar Kenangan lewat Layar Tancap