bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
RA Kartini. (Foto: wikipedia)

Kartini Bandung 4.0: Perempuan Mandiri dan Tangguh

BERITABAIK.ID - Setiap 21 April bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini, pahlawan nasional pelopor kesetaraan kaum perempuan.

Berkat perjuangan RA Kartini, kini perempuan Indonesia di era Revolusi Industri 4.0 mempunyai hak dan kesempatan yang sama seperti lelaki, untuk dapat bersekolah, bekerja, berkarya, serta berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

Perempuan juga dapat dengan bebas mengekspresikan diri, mewujudkan mimpi, mengutarakan ide, serta menyalurkan bakat yang bermanfaat bagi sekitarnya.

RA Kartini merupakan tokoh yang menginspirasi banyak perempuan Indonesia. Salah satunya Hani Damayanti, seorang wanita yang berprofesi sebagai perawat.

Di saat sebagian orang tengah menikmati libur masa lebaran, Hani tetap bekerja. Ia bersiaga di Posko Kesehatan Mudik Lebaran 2023 di Jalan Merdeka, Kota Bandung.

Hani mengaku kagum kepada sosok RA Kartini. Menurutnya Kartini itu melambangkan sosok wanita yang tangguh, mandiri dan bertanggung jawab.

"Seorang wanita tidak hanya berdiam di rumah namun harus berkreativitas dan memiliki pendidikan yang tinggi" ungkapnya dalam keterangan pers yang diterima dari Humas Bandung.

"Walaupun telah menjadi seorang ibu, saya tetap berjuang untuk menjadi wanita yang berkarir sebagai perawat, tetapi tetap bisa mendidik anak dan menciptakan keluarga yang tangguh," ujar Hani.

"Semoga wanita-wanita masa kini dapat selalu meneladani semangat dan perjuangan RA Kartini dengan menjadi wanita yang mandiri, berpendidikan dan berakhlak," imbuhnya.

Setiap orang juga memiliki cara sendiri untuk meneruskan perjuangan RA Kartini. Entin (40) Petugas Penyapu Jalan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung mengungkapkan, berkerja dengan sungguh-sungguh merupakan bentuk meneruskan perjuangan emansipasi wanita.

"Bagi saya terpenting tetap bekerja dengan semangat, gigih dan pantang menyerah," ujar Entin.

RA Kartini memang telah banyak menginsiprasi perempuan Indonesia. Salah satunya, Nia, Petugas Perlindungan dan Bantuan PMI Kota Bandung.

"Saya meneruskan perjuangan Kartini dengan menjadikan hobi saya sebagai profesi. Hobi saya itu berelawan. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa saya aktif di palang merah Indonesia dalam bidang bantuan dan bencana alam," tutur Nia.*

Selamat Hari Kartini !

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Anwar Semringah Bisa Mudik Gratis Bersama IndiHome-Telkom

Ribuan Jemaah Padati Salat Idulfitri Perdana di Masjid Raya Al Jabbar