bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
Mbah Harun. (Foto: Tangkapan layar instagram)

Kenalan dengan Mbah Harun, Jemaah Haji Tertua Indonesia Berusia 119 Tahun

BERITABAIK.ID - Harun namanya. Biasa disapa Mbah Harun karena usianya yang sudah senja. Tahun ini, Mbah Harun berusia 119 tahun.

Dikutip dari unggahan Instagram @informasihaji, Mbah Harun yang lahir pada tahun 1904 ini tercatat sebagai jemaah haji tertua di tahun 2023.

Mbah Harun mendaftar haji pada 2017 lalu dari hasil menjual tanah dekat tempat tinggalnya. Daftar pada tahun tersebut, Mbah Harun seharusnya baru bisa berangkat pada 2046 mendatang.

Meski begitu, Mbah Harun mendapatkan kuota prioritas lansia sehingga bisa menunaikan haji di tahun 2023 ini.

Baca Juga : Pariwisata Jabar Makin Variatif, Warga Punya Banyak Alternatif Berlibur

"Alhamdulillah, meski mendapat jadwal tunggu sampai tahun 2046, Mbah Harun tahun ini dapat berangkat melalui kuota prioritas lansia," tulis akun Instagram @informasihaji, Selasa (9/5/2023).

Mbah Harun mengaku senang dapat berangkat haji tahun 2023 ini. Jemaah haji asal Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur juga mengaku berani berangkat sendiri.

"Alhamdulillah bisa berangkat tahun ini dan Mbah Harun senang," kata pria di samping Mbah Harun, menerjemahkan jawaban Mbah Harun yang berbahasa Madura.

Mbah Harun memang akan berangkat ke Tanah Suci sendirian karena istrinya sudah meninggal.

Baca Juga : Terkait Pengelolaan Sampah, Ridwan Kamil Putuskan Perluas Lahan TPA Sarimukti

Ditanya soal rahasia sehatnya, Mbah Harun menjawab rutin minum air hangat dan mengonsumsi beras dari hasil pertaniannya sendiri.

Terkadang, ia makan nasi jagung dan konsumsi daging ikan-ikanan. Selain itu diceritakan pula, setiap pagi Mbah Harun berkeliling dari rumah ke pelatarannya sebagai latihan fisik menghadapi ibadah haji.

Mbah Harun terlihat sangat sehat meski pendengarannya sudah berkurang. Berbekal doa dan bantuan dari keluarga, pihak KBIHU, serta Kantor Kemenag Kabupaten Pamekasan, ia pun tetap optimistis dapat menunaikan ibadah haji tahun ini.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Pariwisata Jabar Makin Variatif, Warga Punya Banyak Alternatif Berlibur

'Merah Putih di Atap Dunia', Kisah Wanadri Taklukkan Puncak Tertinggi Dunia