bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Panitia Mini Expo Jaya 2023 Vedda, mahasiswa angkatan 21 (kiri), Andhika Anandya, dosen mata kuliah kewirausahaan (kanan).

Mini Expo Jaya 2023, Ketika Ide Besar Dikemas dalam Bentuk Pameran

BERITABAIK.ID - Sejak pagi Aula Utama Kampus Unisba sudah diisi oleh stan-stan mahasiswa yang memamerkan ide bisnis mereka melalui acara Mini Expo Jaya 2023.

Acara yang berlangsung Kamis (22/06/2023) ini merupakan puncak dari Mata Kuliah Kewirausahaan Program Studi Akuntansi Unisba.

Andhika Anandya, salah satu dosen dari tim dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan menuturkan, ide bisnis yang diimplementasikan ini tidak sekadar berjualan, ide bisnis ini juga memberikan dampak bagi masyarakat.

"Ide bisnis bukan sekadar jualan, tetapi dengan nilai dan tujuan yang baik, agar ide bisnis yang inovatif dan kreatif, tidak hanya memiliki potensi bisnis yang kuat, tapi juga dampak yang positif bagi masyarakat," kata Andhika.

Baca Juga : Waktoe Loeang Studio, Salurkan Kreativitas di Waktu Senggang

Selain itu, acara ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban para mahasiswa kepada masyarakat bahwa ide besar harus diberitakan.

Maka acara ini menjadi perayaan ide besar atas bisnis yang sudah mereka buat dan kembangkan di ruang kuliah.

Acara ini mendatangkan pemateri untuk sharing session terkait bisnis yang mereka tekuni dengan tujuan dapat memperkaya sudut pandang mahasiswa tentang berwirausaha. Terdapat pula pemateri yang berasal dari alumni program studi Akuntansi Unisba.

Para pemateri masing-masing CEO Beritabaik.id Avitia Nurmatari, CEO Botania Agustina, CIO Infia Group Noviar, Founder Moonphase.id Bambang Jayadimaja (alumni'15), Owner Roti Bakar & Kukus Elvitasari Bread House Elvita Puspitasari (alumni'12).

Terdapat 38 stan dari empat kelas kewirausahaan dan business creativity, dengan kategori bisnis yang setidaknya bermuatan nilai sustainability, kearifan lokal, dan pendidikan.

Baca Juga : Siswi di Jepang Tutupi Teman Muslim yang Lepas Hijab karena Pingsan

Stan ide bisnis ini di antaranya ada Hasta Karya, mainan edukasi, jasa servis mainan dan olah plastik, jasa upcycle pakaian, jamu dan warung nusantara, dan masih banyak lagi.

Selain mahasiswa, terdapat stan alumni dan eksternal dari bisnis kecil hingga besar yang diharapkan dapat menjembatani para mahasiswa berinteraksi dengan pelaku bisnis. Mini Expo Jaya 2023 merupakan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa yang terkait.

Andhika berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal serta membuka peluang kreativitas berwirausaha yang tidak hanya memiliki nilai akademis, namun juga memberikan dampak yang positif.

"Kami berharap acara ini dapat menjadi langkah awal yang inspiratif bagi mereka dan membuka peluang bagi pengembangan kreativitas serta wirausaha di kalangan mahasiswa Akuntansi, mendorong mahasiswa untuk mengembangkan ide bisnis yang tidak hanya memiliki nilai akademis tetapi juga memiliki potensi bisnis yang kuat, inovasi yang relevan, dan dampak yang positif bagi masyarakat," tutup Andhika.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Sambut Iduladha dengan DIGI Qurban Festival, Ada Diskon Pembelian Hewan Kurban

Yohana Gagarini, Membuka Kesadaran Merawat Alam di Eco Camp Bandung