Rayakan Imlek, Percantik Tampilan dengan Baju Etnik Cheongsam

Bandung - TemanBaik mau merayakan Imlek? Yuk tampil dress -up dengan baju cheongsam. Diambil dari bahasa kanton, kostum tradisional ini juga dikenal sebagai baju qipao. Ciri khasnya, punya cutting leher tinggi, identik berwarna merah dan cocok dibikin gaun.

Seperti kebaya, cheongsam juga menjadi pakaian etnik dari bangsa Tionghoa. Di hari raya Imlek, menggunakan baju bermotif cheongsam menjadi simbol keberuntungan loh.

"Pakai baju cheongsam saat Imlek juga sebagai bentuk penghargaan terhadap warisan tradisi leluhur, dan bagian dari kebiasaan baik di tahun baru biar peruntungan kita cuan," ujar Rita Djali, salahsatu anggota komunitas Tionghoa yang tinggal di Bandung kepada BeritaBaik.

Baca Ini Juga Yuk: Cantiknya! Hadiahkan Kado Spesial Ini untuk Orang Tersayang Yuk!

Pesona lain dari cheongsam, busana ini juga bebas dibuat dari berbagai macam bahan. Temanbaik bisa meraciknya dengan beragam look, misalnya kain sutra, silky, katun hingga motif batik Indonesia.

"Modifikasi warna dari cheongsam pun mulai beragam. Kalau merah biasanya disandingkan dengan hitam. Ada juga permainan gradasi dan motif bunga khas oriental. Selain kerah berdiri dan permainan kancing, cheongsam juga manis banget kalau dilekatkan pada warna pink, biru, hijau atau maroon.

"Bagusnya sih merah, karena warna merah dalam kepercayaan China memang hokie. Ada juga berwarna gold, seperti diketahui emas adalah lambang kekayaan. Jadi makna yang tersirat membawa semangat baru, hokie baru dan harapan baru," ungkap Rita.

Enggak ketinggalan, jelang Imlek brand batik Danar Hadi juga bikin tema batik Sankara Cita. Ada beberapa koleksi batik yang dikolaborasikan dengan detail potongan cheongsam. Buat TemanBaik yang tertarik, bisa menyambangi batik ini di Jalan LREE Martadinata Bandung. Selamat merayakan Imlek ya, Gong Xi Fat Chai!

Foto: Danar Hadi


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler