7 Jenis Kostum Batik di Indonesia yang Sudah Ada Sejak Dulu

Bandung - Kamu sudah tahu belum TemanBaik kalau pada 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-Bendawi? Dari sana, tanggal 2 Oktober kemudian dikenal sebagai Hari Batik Nasional.

Batik sudah digunakan orang-orang zaman dahulu hingga abad ke 20-an. Sejak saat itu, warga Pulau Jawa menggunakan batik sebagai kostum. Batik secara eksklusif digunakan sebagai pakaian sehari-hari dan digunakan dalam acara-acara seremonial. 

Di Hari Batik Nasional ini, yuk kita mengenal apa saja jenis kostum batik yang terdapat di Indonesia.

Sarung
Sarong atau sarung adalah kain batik yang dijahit bagian ujungya sehingga menyatu membentuk pipa/tabung. Dalam pengertian busana internasional, sarong berarti sepotong kain lebar yang pemakaiannya dibebatkan pada pinggang untuk menutup bagian bawah tubuh (pinggang ke bawah).

Dodot
Dodot adalah kain batik yang dibentuk menjadi pakaian adat Jawa. Biasanya digunakan pada upacara resmi, digunakan oleh sultan, digunakan pengantin saat pernikahan adat Jawa hingga dipakai penari dan lainnya.

Kain Panjang
Kain Panjang adalah sebutan untuk kain batik yang memiliki lebar 107 sentimeter dan panjang sekitar 250 sentimeter. Seluruh permukaan penuh dengan motif, dan saat digunakan bagian ujungnya nampak lebih pendek. Kain ini dianggap lebih formal daripada sarung dan dapat digunakan oleh lelaki maupun perempuan.

Pagi Sore
Batik Pagi Sore merupakan istilah untuk kain batik yang dalam satu kain memiliki dua motif. Kedua motif tersebut bertemu di bagian tengah kain, baik secara diagonal maupun secara horizontal

Selendang
Selendang adalah kain panjang sempit yang digunakan secara eksklusif oleh perempuan sebagai tas atau selendang, biasanya digunakan untuk menutup bagian bahu. Selendang juga bisa digunakan untuk menggendong bayi. Kain batik jenis ini umumnya memiliki garis batas di setiap ujung. Pada pinggiran selendang bisa diikat dan dipelintir.

Ikat Kepala
Ikat Kepala adalah kain batik yang hanya dikenakan oleh laki-laki sebagai penutup kepala. Caranya dengan diikat dan dibentuk menyerupai turban. Pola batik nampak di atas permukaan kain, sementara di bagian tengah biasanya tidak ada motif.

Kemben
Jenis Kemben adalah kain batik yang digunakan pada bagian atas tubuh perempuan untuk menutupi payudara. Perempuan Indonesia di masa lalu biasa menggunakan kain kemben sebagai penutup tubuh bagian atas, bahkan terkadang digunakan juga sebagai kain di bagian bawah untuk pelengkap kebaya.

Foto: dokumentasi Inger McCabe Elliot
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler