Ellesis Shoes, Sepatu Handmade Dengan Harga Ramah

Bandung - TemanBaik, sepatu tentu jadi bagian yang tak terpisahkan dari keseharian kita. Ya, berbagai jenis sepatu dari berbagai merek dagang pernah kita jajal untuk mendampingi perjalanan kita. Bukan begitu? Namun, pernahkah kamu menjajal sepatu handmade alias buatan tangan pengrajinnya?

Ketertarikan banyak orang terhadap sepatu handmade lah, yang kemudian menginspirasi Okta Fitri Fauzi untuk kemudian mendirikan Ellesis Shoes pada tahun 2017. Berbekal pengalaman selama 6 tahun menjadi vendor handmade shoes, ia bersama brand Ellesis Shoes kemudian menunjukkan kreasi sebagai salah satu pencetak sepatu handmade dengan harga murah.

Berbagai jenis sepatu klasik buatan tangan bisa kamu dapatkan di sini. Saat dihubungi Beritabaik.id, pemilik Ellesis Shoes Okta Fitri bercerita tentang bisnis prodak fesyen sepatu  yang digarapnya sekitar 3 tahun belakangan ini.

"Jadi handmade shoes ini tuh memang benar-benar dari skill pengerajinnya aja," ujar Okta.

Tak hanya sepatu, ada juga sandal dan sepatu sandal yang dibuat oleh tangan pengrajin. Berbicara target bisnis, Ellesis Shoes mematok konsumen wanita dewasa. Ya, karena tampilan sepatu produk dari Ellesis Shoes kebanyakan memang relatif cocok untuk kamu pakai beraktivitas saat kuliah atau bekerja.


Dengan merogoh kocek berkisar Rp.185.000 hingga Rp.235.000, kamu sudah bisa mendapatkan sepatu dari Ellesis Shoes. Harga tersebut menurut Okta relatif murah karena Ellesis Shoes punya berbagai macam keunggulan produk. Mulai dari bahan kulit yang anti retak, bagian dalam sepatu yang nyaman dan tak membuat kaki terluka, menggunakan sol berbahan karet yang lentur serta model sepatu yang menurutnya klasik dan tak termakan zaman.

Ada dua varian produk jagoan Ellesis Shoes yang direkomendasikan Okta untuk TemanBaik, yaitu produk Arme dan Lime. Sejak awal Ellesis Shoes berdiri sampai hari ini, kedua varian produk tersebut selalu jadi yang paling laris.

"Karena modelnya simpel, dan kayak enggak musiman gitu. Enggak termakan zaman," ujar Okta, terkait varian produk best sellernya.

TemanBaik, bisa melihat seluruh produk Ellesis Shoes di toko mereka, Jalan Mataram No. 2 Bandung atau dengan mampir ke akun instagram mereka @elleshisshoes.

Baca Ini Juga Yuk: Totebag.Bdg, Eksplorasi dan Alternatif Fesyen Kantong Belanja


Produksi Sepatu Handmade
Ellesis Shoes memproduksi sendiri sepatu yang dijualnya. Proses produksi sepatu dijelaskan oleh Okta berawal dari penggambaran pola sepatu dan membuat pola tersebut sebelum akhirnya pola tersebut diterapkan ke kulit atau biasa disebut gurat.

Setelah digurat, barulah bahan kulit dijahit dan dibentuk. Lanjut dari tahap itu, sepatu kemudian disol dan dilakukan tahap finishing berupa pembersihan dari bahan baku lem misalnya, atau debu dan sisa jahitan sol. Saat sudah benar-benar rapi, barulah sepatu tersebut siap dijajakan di toko.

Sepuluh tahun akrab dengan industri pembuatan sepatu menjadikan Okta sebagai pemilik merek paham betul kualitas produk yang dijualnya. Kendati di luar teknis, ia mengaku ada beberapa sentuhan personal dalam proses lahirnya brand Ellesis Shoes.

"Awalnya karena suami saya saat sebelum menikah sudah lebih dulu punya brand sepatu handmade. Lalu, setelah menikah, barulah kami membuat brand sendiri," ungkapnya.

Satu dekade berkecimpung di industri pembuatan sampai menjual sepatu, Okta mengaku banyak tantangan yang dihadapinya sebagai pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah). Salah satu yang paling terasa adalah tantangan mengikuti perubahan zaman yang dirasa cepat.

Ia menambahkan, cara untuk menghadapi tantangan tersebut adalah dengan promosi digital, dan tetap memperbarui wawasan tentang industri yang digeluti dengan sering mengikuti bazar atau pameran untuk menarik minat calon pembeli.

Kendati di tengah pandemi, Ellesis Shoes tetap mencoba untuk hadirkan inovasi. Yang menjadi bidikan mereka saat ini adalah pembuatan sepatu boots dengan konsep klasik dengan harga yang relatif murah, yaitu di bawah Rp.200.000. Selain itu, pembuatan sepatu boots handmade ini nantinya menerapkan sistem custom size alias kamu bisa menentukan sendiri ukuran sepatu yang akan dibeli.

Hal itu diakui Okta terinspirasi dari pertemuannya dengan beberapa wanita dengan postur tubuh yang relatif tinggi-besar dan kesulitan mencari sepatu karena ukurannya rata-rata tak cukup dengan kaki wanita tersebut. Namun lagi-lagi karena keterbatasan bahan baku, produksinya masih harus menunggu waktu lagi.

Sebagai pamungkas, Okta bersama Ellesis Shoes mengajak TemanBaik untuk mendukung produk UKM lokal agar dapat bersaing sehat dan hidup di Negeri sendiri.

"Apalagi basis kami (Ellesis Shoes) kan craftmanship, sama seperti produk kerajinan lain seperti batik tenun. Sehingga selalu ada cerita dalam tiap produk," tutupnya.

Bagaimana, TemanBaik? Tertarikkah kamu dengan sepatu boots handmade? Jika iya, produk Ellesis Shoes ini bisa jadi rekomendasi buatmu loh!

Foto: Dok. Ellesis Shoes
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler