'Keluarga Anot', Potret Keluarga Antariksawan dalam Produk Fesyen

Bandung - TemanBaik, siapa di antara kamu yang suka mengoleksi berbagai barang dengan desain unik dan menarik? Pasti tak sedikit dari kita yang suka suatu barang bukan karena kegunaannya saja tapi tentu desain yang unik dan menarik.

Dunia desain dari dulu hingga dewasa ini semakin berkembang dan beragam. Mulai dari titik, garis, hingga bentuk-bentuk unik sering terpampang di berbagai barang yang dapat kita temui sehari-hari. Hal ini meliputi pakaian, alat makan, hingga alat mandi menjadi kanvas para desainer untuk membuat dan menyematkan hasil karyanya.

Konsep desain yang muncul pun sekarang lebih meliputi pada hal-hal atau kegiatan keseharian yang kadang luput kita perhatikan meski berada sekitar kita. Sekarang ini, konsep budaya lokal juga kerap diterapkan pada sebuah karya seni atau desain dengan mengedepankan unsur kecintaan pada bangsa sendiri. Hal ini juga yang membuat tiga sekawan asal Bandung, menerbitkan sebuah konsep desain keluarga yang unik dan sangat menarik, yaitu keluarga 'antariksawan'.

Tiga orang sekawan ini adalah Hermawan, Bagas Hada, dan Muhamad Nurul yang saling mengenal satu sama lain di dunia perkuliahan. Mereka membuat sebuah merek dagang dengan konsep keluarga antariksawan yang diberi nama 'Keluarga Anot'. Keluarga ini digambarkan lewat tiga karakter, yaitu 'Mang Anot' sebagai sosok ayah, 'Ceu Anot' sebagai sosok ibu, dan 'Dek Anot' sebagai sosok anak. Panggilan yang digunakan seperti mang dan ceu mungkin lebih akrab di telinga orang Sunda, karena pada dasarnya mereka bertiga adalah orang Bandung.



Baca Ini Juga Yuk: Cerita Ajun dan Ketertarikannya Terhadap Ilustrasi Busana

Konsep desain ini telah dipikirkan secara matang oleh mereka bertiga. Bagas salah satu penggagas merek dagang ini bercerita bahwa konsep keluarga ini karena ingin punya desain yang beda dari yang lain dan juga punya cerita sendiri di setiap desainnya. Tiga karakter juga menjadi pilihan tiga segmentasi yang coba dicapai oleh 'Keluarga Anot'.

"Jadi ingin bikin yang beda. Apa sih yang membedakannya dari orang? Terpikirkan buat bikin karakter, yang biar di setiap desainnya ada ceritanya. Kalau kenapa keluarga, karena biar banyak segmentasinya. Kan ada tiga tuh, berarti ibu, bapak sama anak, jadi kita tuh punya tiga segmentasi yang dibikin desainnya beda-beda," jelas Bagas.

Hermawan yang akrab disapa Eri juga bercerita tentang munculnya ide Keluarga Anot. Di zaman sekarang ini ketika desain pakaian dipenuhi oleh tren yang berbau hypebeast dan semacamnya, Eri mencoba untuk mencari titik tengahnya yaitu sebuah keluarga. Karena bagi Eri dan teman-temannya, keren itu pilihan dan kita punya pilihan untuk mengekspresikan diri kita masing-masing dengan cara kita sendiri.

"Menurut saya, di dunia pakaian sedang tren hal yang keren seperti hypebeast, dan kita tidak bisa memilih ya ingin yang seperti apa, mending cari titik tengahnya seperti keluarga. Dan kita emang enggak bisa keren kaya orang lain, jadi mending kombinasikan aja, sama budaya Sunda juga," ungkap Eri.

Hal yang coba disampaikan lewat desain-desain dari 'Keluarga Anot' juga tak terkesan ribet, malah sangat sederhana. Coba tengok karya-karya mereka di instagram @keluargaanot, mulai dari desain di pakaian dan komik, semuanya sederhana dan ceritanya juga nyeleneh serta menghibur.

"Kalo desain menyesuaikan sih ya. Jadi kalo ingin desain yang misal seperti dorong gerobak gitu ya, yaudah kita liat keseharian aja gitu, terus kita aplikasikan di si Keluarga Anot ini. Jadi kebanyakan dari keseharian dan sekitar aja," tambah Nurul.

Nah, buat TemanBaik yang suka desain-desain lucu yang cocok juga dipakai buat dipakai anak-anak sampai orang tua, Keluarga Anot solusinya. Desainnya sederhana, dan sudah muncul empat desain karakter dari masing-masing Keluarga Anot yang lucu-lucu. Jangan sampai ketinggalan desain-desain menarik dari Keluarga Anot dengan ikuti mereke di instagram @keluargaanot, TemanBaik!

Foto: dok. Keluarga Anot

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler