'Kriwil', Salon dan Produk Perawatan untuk Rambut Keriting

Jakarta - Kita tentu sudah tidak asing dengan istilah salon kecantikan ya, TemanBaik. Tempat untuk merawat dan mempercantik diri seperti memotong rambut, spa, atau melakukan rangkaian perawatan tubuh dan rambut yang lainnya.

Tapi apakah TemanBaik tahu jika saat ini ada loh salon yang memiliki fokus untuk melakukan perawatan terhadap rambut keriting. Ya, salon tersebut bernama Kriwil yang terletak di daerah Kebayoran Baru, Jakarta.

Beritabaik.id berkesempatan untuk berbincang dengan pendiri merek Kriwil Indonesia nih, TemanBaik. Ia adalah Gracia Indriani yang akan membagi ceritanya tentang asal mula merek Kriwil Indonesia sejak berdiri hingga saat ini.

Gracia memiliki latar belakang pendidikan arsitek, namun ia merasa bekerja di bidang tersebut bukanlah keahliannya. Tentu saja hal ini membuat Gracia bingung harus melakukan apa. Ditambah tuntutan keluarga yang terus mendorongnya untuk mencari tahu di bidang apa ia akan bekerja nantinya.



Dengan segala kebingungan dan tuntutan yang dialaminya, akhirnya Gracia memutuskan untuk membuat saluran YouTube sendiri yang berisi pembahasan seputar rambut keriting.

"Aku gak mau terkenal tapi mau berkreasi dan berkarya untuk mengedukasi orang-orang yang punya rambut keriting seperti aku. Karena aku tahu susah mencarinya," ujar Gracia.

Ternyata, ada satu video yang dibuat Gracia dan viral di kalangan masyarakat, yaitu video tentang cara mencatok rambut keriting. Viralnya video tersebut berlanjut dengan terkumpulnya orang-orang dengan rambut keriting yang meminta tips soal perawatan rambut keriting Gracia.

Terkumpulnya orang-orang tersebut membuat Gracia terinspirasi membuat produk minyak rambut untuk rambut keriting. Minyak rambut ini dapat membuat rambut keriting menjadi tidak kaku.

Seiring dengan saluran YouTube dan produk minyak rambutnya yang terus berkembang, banyak orang yang meminta Gracia untuk mendirikan salon.

Kecintaan dan ketertarikan Gracia dengan dunia tata rambut ditambah pengalaman pribadinya yang sudah mengutak-atik rambut keritingnya membuat Gracia yakin untuk mengambil sekolah kecantikan.

"Saat sekolah kecantikan aku belajar dasarnya aja kayak potong rambut dan sebagainya. Karena di Indonesia juga belum dijunjung kan kalau khusus rambut keriting," terang Gracia.



Baca Ini Juga Yuk: Cerita Ajun dan Ketertarikannya Terhadap Ilustrasi Busana

Akhirnya setelah lulus dari sekolah kecantikan, Gracia kembali melangkah untuk membuat sebuah salon. Salon yang ia beri nama Kriwil tersebut berdiri sejak 15 November 2018.

Walaupun Kriwil memang mempunyai fokus untuk orang dengan rambut keriting, namun mereka tetap membuka layanan dan perawatan untuk umum atau semua jenis rambut loh, TemanBaik.

Bahkan diakui oleh Gracia, saat ini rambut keriting justru menjadi tren di kalangan masyarakat. "Jika dulu banyak orang yang merasa malu memiliki rambut keriting, sekarang justru banyak orang yang ingin membuat rambutnya keriting," tambah Gracia.

Tidak sekadar salon kecantikan dan produk perawatan rambut keriting, Kriwil pun hadir untuk turut mengedukasi masyarakat tentang rambut keriting. Bahkan, Gracia sudah membimbing semua staff di salonnya untuk lihai melakukan perawatan rambut keriting untuk kliennya.

Gracia ingin semua pelanggan Kriwil tetap cantik ketika sudah selesai melakukan perawatan di salon, tetapi juga tetap bisa melakukan perawatan sendiri di rumah.

"Jadi gak cuma jualan aja, tapi juga bimbing klien. Ke salon juga tidak bisa setiap hari. Jadi pas di rumah mereka tahu harus apa dengan rambutnya," ujar Gracia.

Setelah dua tahun mendirikan salon Kriwil, Gracia berharap kedepannya bisa membuat cabang Kriwil di seluruh provinsi di Indonesia.

Menurut Gracia, sebenarnya mayoritas orang Indonesia berambut keriting atau ikal. Namun sayang, riset dan edukasi tentang rambut keriting di Indonesia, terutama di daerah, masih minim.

"Kalau ke salon mereka malah diarahkan untuk smoothing dan rebonding (meluruskan rambut), jadi gak nyaman. Padahal keluar salon maunya merasa cantik, ganteng, dan nyaman. Ini enggak," terang Gracia.

Dengan alasan untuk lebih menyebarkan edukasi dan meningkatkan kenyamanan masyarakat Indonesia, khususnya yang berambut keriting inilah yang membuat Gracia bercita-cita mendirikan salon Kriwil di seluruh Indonesia.

Nah, gimana TemanBaik? Kamu penasaran dengan salon dan produk perawatan rambut dari Kriwil dan Gracia? Langsung saja intip dulu media sosial Instagram mereka di @kriwil.ind ya!

Foto: dok. Kriwil Indonesia/instagram.com/kriwil.ind

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler