Siap-siap! Bakal Ada Hijab Fest Loh di Bandung

Bandung - TemanBaik, akhir tahun 2020 ini di Kota Bandung akan ada kegiatan menarik nih! Pada Desember, direncanakan bakal digelar Hijab Fest atau Festival Hijab.

Dalam kegiatan ini, tentu yang akan dihadirkan adalah aneka hijab dari para pelaku UMKM Kota Bandung. Apa yang istimewa? Tentu karena Bandung adalah kota fesyen, maka produk yang dihasilkan akan menampilkan keunikan dan kualitas tinggi.

Selain hijab, rencananya juga bakal dihadirkan aneka produk lainnya yang berhubungan dengan busana muslim. Salah satunya akan ada ragam aksesoris.

Salah satu alasan akan digelarnya Hijab Fest itu adalah karena banyaknya pengusaha busana muslim di Bandung yang 'mati suri'. Sebab, mereka yang biasanya 'panen' saat Ramadan, justru tiarap karena berada dalam pandemi COVID-19.

"Kita perlu bantu mereka agar tetap survive. Di saat yang bersamaan, Kota Bandung ini kan kreativitasnya luar biasa, termasuk dalam hijab, dan Bandung ini betul-betul jadi trendsetter," ujar Ketua Dekranasda Kota Bandung Siti Muntamah.

Baca Ini Juga Yuk:

Namun, secara konsep, Hijab Fest ini perlu dimatangkan lebih lanjut. Sebab, perlu perencanaan matang agar kegiatan ini berjalan lancar dan membuat pelaku UMKM bergeliat kembali perekonomiannya.

"Tapi yang namanya pameran akan ada kurasi sebagai salah satu filter (agar produk yang ditampilkan memiliki keunikan atau keunggulan)," jelas Siti.

Sabar dulu ya, TemanBaik. Tunggu saja di bulan Desember nanti soal Hijab Fest ini. Yang pasti, kegiatan ini layak dinantikan.

Berawal dari Pasar Kreatif
Selain dari kondisi perekonomian pelaku UMKM, ide akan digelarnya Hijab Fest ini juga berasal dari pelaksanaan Pasar Kreatif Bandung 2020 yang berlangsung sejak September hingga Oktober. Dalam dua bulan pelaksanaannya, kegiatan ini menghasilkan omzet hampir Rp1,6 miliar.

Angka ini dianggap pencapaian fantastis. Sebab, angka tersebut dicapai dalam situasi pandemi. Bahkan, para pengelola mal memprediksi angka yang ada bisa mencapai 10 kali lipat jika Pasar Kreatif digelar tidak saat pandemi.

Pasa Kreatif sendiri menampilkan ragam produk kreatif, mulai dari produk fesyen hingga aksesoris. Pelaksanaannya digelar marathon di sembilan mal yang ada di Kota Bandung.

"Kegiatan ini membawa keberkahan dan kebahagiaan tersendiri bagi pelaku UMKM. Yang tepenting, pelaku UMKM merasakan kita dari pemerintah hadir untuk membantu menggeliatkan perekonomian mereka yang sedang terpuruk," tutur Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah.

Berkaca dari suksesnya pelaksanaan Pasar Kreatif, ia pun optimistis Hijab Fest nanti akan memberi manfaat, terutama bagi pelaku UMKM. Di saat yang sama, warga juga bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Bahkan, karena Pasar Kreatif dirasa memberi manfaat, pelaksanaannya akan digelar rutin setiap tahun. Sehingga, kegiatan ini akan jadi ajang bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya.

"Pasar Kreatif insya allah akan jadi event tahunan. Jadi, tahun depan akan muncul Pasar Kreatif Bandung 2021," jelas Elly.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler