Punya Kenalan Guru? Ikutan #AksiBaik NAH Project Yuk!

Bandung - #AksiBaik kali ini datang dari NAH Project. Ya, merek dagang sepatu asal Bandung ini bakal memberikan sepatu untuk para guru di Hari Guru Nasional, 25 November 2020 mendatang.

Saat dihubungi Beritabaik.id, Sarah Chairunnisa selaku Marketing NAH Project menyebut #AksiBaik ini sebagai bentuk apresiasi terharap peran guru di masa pandemi. Konsep ini juga pernah dilakukan oleh mereka pada bulan Maret 2020 silam alias pada masa-masa awal pandemi menerpa. Mereka memberikan sepasang sepatu kepada para petugas kesehatan (frontliners), sehingga apa yang mereka lakukan sekarang konsepnya hampir sama.

Melalui laman Instagramnya, NAH Project mengumumkan aksi baik ini dengan mengajak kamu untuk memberi rekomendasi apabila kamu adalah seorang guru, atau kamu punya kenalan seorang guru. Kamu diwajibkan mengirim surel ke pihak NAH Project yang berisi data guru yang kamu rekomendasikan tersebut, serta cerita perjuangan tersebut.

Nantinya, bakal ada koleksi sepatu khusus yang belum pernah dipublikasikan dan dirilis sebelumnya. Koleksi sepatu bernama Alfa dan Omega tersebut sudah mereka siapkan untuk para guru calon penerima hadiah kelak. Menariknya, sejak awal #AksiBaik ini diumumkan, Sarah mengaku antusiasme dari pendaftar yang mengirim surel sangatlah banyak. Sampai sesi wawancara ini dilakukan, tercatat ada lebih dari 1.300 surel yang telah diterima oleh NAH Project!

"Ternyata memang sebanyak itu orang-orang yang mengapresiasi sosok guru dalam hidupnya dan NAH Project ada untuk menjadi medium yang konkrit untuk ini. Banyak yang peduli dan sadar bahwa guru ini merupakan sosok penting yang nggak akan tergantikan posisinya," kata Sarah.

Baca Ini Juga Yuk: 'HIZZ', Sepatu Unik & Kekinian Buatan Siswa SMAN 1 Cisarua

Saat ditanya mengenai peran guru selama pandemi, Sarah mewakili NAH Project menyebut peran guru bukanlah peran main-main dan sangat sakral. Guru adalah salah satu stakeholder paling penting dalam mencetak dan membentuk kualitas generasi bangsa. Guru adalah sosok yang tidak hanya sekedar mengajar di kelas, tapi turut andil dalam membentuk pribadi muridnya untuk menjadi manusia yang memiliki kecerdasan, berakhlak mulia, dan menjadi pribadi yang baik dan berkualitas.

Berkaca pada vitalnya peran guru dan apresiasi terhadap guru selama masa pandemi ini terbilang relatif minim, maka tim NAH Project terinspirasi untuk memberikan sedikit apresiasi untuk para guru. Momentum Hari Guru Nasional pada 25 November kelak dijadikan waktu yang tepat untuk memulai aksi tersebut.

"Imagine, kamu harus menyampaikan pelajaran dan pengetahuan tanpa tatap muka, belum melakukan monitoring pada pertumbuhan anak didik secara online. And let’s not forget the fact banyak guru dan profesor yang tidak terlalu native dalam penggunaan fitur berbasis teknologi, tapi bertekad belajar dan beradaptasi demi bisa menjalankan tugas mulianya, berjuang untuk menyeimbangkan antara cara mengajar yang lama dengan konsep digital, turut bertanggung jawab atas keselamatan fisik dan psikis murid-muridnya," beber Sarah.

Melalui #AksiBaik ini, Sarah berharap lebih banyak lagi pihak yang peduli terhadap perjuangan sosok guru dalam kehidupan sehari-hari, dan mengapresiasi peran tersebut. Kendati banyak orang sudah pernah mendengar pentingnya sosok guru, tapi mereka berharap semua orang lebih mendalami dan menyadari jasa guru dalam hidupnya. Selain itu, mereka berharap #AksiBaik ini bisa menjadi kebaikan yang menular. Baik ke individu, teman-teman brand, komunitas, dan pihak lainnya.

Nantinya, setelah tim NAH Project mengkurasi hasil surel yang masuk, mereka akan langsung mengirimkan beberapa sepatu kepada guru-guru yang terpilih. Sarah menyebut saat ini mungkin belum semua surel bisa terbalas satu persatu dan kita berikan sepatu. Namun pihak NAH Project sangat menghargai respons tinggi dari pengirim surel yang jumlahnya melampaui angka 1.000 tersebut.

"Semoga aja nanti kita bisa benar-benar membantu semua guru yang ada di Indonesia," terangnya.

TemanBaik, masih ada waktu untuk kamu merekomendasikan guru terdekatmu. Caranya mudah, kirim surel ke frontliners@nahproject.com andaikata kamu punya kenalan atau orang terdekat yang berprofesi sebagai guru. Jangan lupa, selipkan identitas orang tersebut dan sedikit data penunjang yang memang membuktikan bahwa beliau adalah seorang guru. Terakhir, jangan lupa ceritakan perjuangan orang tersebut, ya!

Foto: dok. NAH Project

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler