Kenalan dengan Handbin, Produk Fesyen Keren dari Bandung

Bandung - TemanBaik, kamu suka mengenakan overalldungarees atau yang lebih dikenal dengan "baju kodok"? Ada produk keren buatan anak Bandung nih, namanya Handbin. Yuk kita kenalan dengan mereka!

Kami ngobrol langsung dengan pemilik brand Handbin, Dian 'Obin' Rusdiana mengenai produk fesyen buatannya. Hal menarik yang ia ceritakan adalah, perlu waktu sekitar 12 tahun buat Obin untuk menjadikan produk fesyen ini sebagai merek pribadinya. Ya, sejak 2007, pria yang identik dengan tatto dan overall ini memang sudah senang mengenakan i. Bahkan, ia mengaku kurang nyaman apabila mengenakan celana jens atau celana jenis lainnya.


Karena sudah melekat dengan dirinya, sekitar tahun 2019, Obin kemudian membuat produk 'Handbin'. Kendati bisnis fesyen ini menyasar pembeli dengan segmen tertentu, namun Obin tidak memusingkan hal tersebut. Baginya, ia hanya melakukan apa yang dirinya sukai, sesuai slogan yang tertera pada produk Handbin yaitu wearing to be happy.

"Saya suka ngegambar sendiri, bikin gambar buat desain baju yang saya suka. Awalnya dari situ sih, terus setahun belakangan saya bikinlah si Handbin ini,” terangnya kepada Beritabaik.id, Selasa (11/1/2021).

Overall yang dibuat oleh Handbin ini memadukan antara kecanggihan mesin dan buatan tangan sendiri alias handmade. Jadi, walau pada umumnya penyatuan kain untuk menjadi overall utuh dilakukan dengan menggunakan mesin, namun ada beberapa bagian overall yang dikerjakan dengan tangan alias handmade. Bagian tersebut antara lain adalah tambalan atau biasa disebut dengan teknik "RAW".

Sampai saat ini, terdapat 4 jenis artikel atau produk overall dari Handbin. Antara lain overall 'gk01', high waist, dan dua jenis dungarees yaitu dungarees biasa dan dungarees a83. Obin membahas sedikit mengenai perbedaan keempat artikel produknya ini, sebab menurut Obin, enggak jarang di antara kita suka tertukar.


                                                                                       Foto: dok. Handbin

Jadi, pada dasarnya, baik itu overall, high waist, ataupun dungarees itu semuanya dikenal dengan jenis pakaian overall. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar, utamanya pada produk dungarees. Jadi, produk dungarees ini lebih tertutup dibandingkan produk overall atau high waist. Apabila pada overall atau high waist, tali yang seolah dijadikan penghubung antara bagian bawah (celana) melingkari bahu nampak lebih terbuka, namun pada dungarees, tali penghubung tersebut juga menutupi sebagian dari tubuh kita, sehingga ada kesan kalau dungarees seolah lebih tertutup.

Baca Ini Juga Yuk: Kolaborasi Fesyen Keren 'Lipstick untuk Difabel' & Yuna & Co.

Apabila dilihat secara visual, jenis high waist nampak seperti celana yang dihubungkan oleh tali, namun jenis dungarees nampak lebih tinggi dari celana, dan bagian samping kiri kanannya membentuk lingkaran untuk bagian bahu.

Mengenai peruntukkannya, baik dungarees, high waist maupun overall disebut oleh Obin bisa digunakan untuk laki-laki maupun perempuan. Sebagai informasi, ada dua jenis dungarees yang tersedia di Handbin. Yaitu dungarees dengan satu jenis warna, dan dua jenis warna yang dipadukan. Oh ya, mengenai materialnya, produk Handbin rata-rata menggunakan material American Twill.

"Ini juga (perbedaan overall dan dungarees) yang jadi kendala pas meramu sama penjahit. Jadi, begitu bikin konsep, tukang jahit mungkin tahunya overall, ya, yang kayak overall. Oke, pas saya pesennya overall, jadinya sejalan lah. Tapi, pas saya pesennya dungarees, itu jadi hal yang berbeda," terangnya.

Dari keempat artikel tersebut, jenis high waist dan overall diakui lebih banyak diminati oleh calon pembelinya. Hal ini juga tidak lepas dari ciri khas Obin sebagai pemilik merek dengan kesehariannya. Ya, pakaian overall seakan sudah melekat dengan dirinya, sehingga tidak sulit baginya untuk memasarkan produknya sendiri.



Menurut Obin, apabila kita hendak menjual sebuah produk, sebaiknya kita terlebih dulu menjadi bagian dari produk yang akan kita jual. Proses panjangnya membuat produk Handbin ini juga tidak terlepas dari kesukaannya terhadap produk tersebut, sehingga ia sudah terlebih dulu menjadi bagian dari produk tersebut sebelum menjualnya.

Produk overall dari Handbin dibanderol mulai dari harga Rp485 ribu sampai Rp495 ribu. Proses pengerjaannya dilakukan dengan sistem pesanan dan custom. Jadi, pertama-tama kamu bisa memesannya lewat kontak yang tertera di akun Instagram mereka @handbinn.goods, lalu menentukan pesananmu sesuai artikel yang tersedia, dan baru pesananmu akan digarap. Oh ya, Handbin juga tersedia dalam berbagai ukuran dari mulai paling kecil sampai paling besar.

"Kalau yang ready stock itu ukuran yang sedang lah, yang tengah-tengah kayak L gitu, ready kita. Selebihnya sih custom, kita bisa layani sesuai keinginan pembeli," pungkasnya.

TemanBaik, yuk kita beri dukungan untuk produk-produk lokal dengan membeli dan mengenakannya sehari-hari. Sebab, saat ini produk lokal juga kualitasnya sudah sangat keren, tentu dengan harga yang juga bersahabat.

Foto: Rayhadi Shadiq/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler