Nonton Film-film Tanah Air Bertema Perjuangan Kemerdekaan Yuk!

Bandung - Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73! Kemerdekaan Indonesia diraih dengan berbagai perjuangan para pahlawan. Para pejuang juga rela mengorbankan nyawa demi membela Tanah Air.

Selain upacara bendera dan mengikuti berbagai lomba, menonton film-film bertema perjuangan kemerdekaan juga bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu libur di hari jadi Indonesia ini. Untuk mengenang perjuangan pahlawan, berikut adalah film-film bertemakan kemerdekaan tanah air yang bisa kamu tonton.

Merah Putih
'Merah Putih' adalah film drama fiksi historis Indonesia yang dirilis pada tahun 2009. Film ini merupakan film pertama dari rangkaian 'Trilogi Merdeka' yang merupakan trilogi film perjuangan kemerdekaan pertama di Indonesia.

Film yang disutradari oleh Yadi Sugandi ini dibintangi oleh Lukman Sardi. Berkisah tentang perjuangan melawan tentara Belanda pada tahun 1947. Selain Lukman Sardi, sederet bintang nasional juga membintangi film ini antara lain, Donny Alamsyah, Teuku Rifnu, Soerono dan Darius Sinathrya.

Baca juga: Ini Paskibraka yang Akan Kibarkan Bendera di Istana Negara

Darah Garuda
Selanjutnya adalah 'Darah Garuda', film ini merupakan film kedua dari 'Trilogi Merdeka' yang dirilis tahun 2010. Film yang merupakan lanjutan dari film 'Merah Putih' ini mengambil latar cerita berdasarkan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1947.

Hati Merdeka
'Hati Merdeka' adalah lanjutan ke tiga yang sekaligus film terakhir dari 'Trilogi Merdeka' yang mengambil latar tempat di luar Pulau Jawa. Sama seperti dua film sebelumnya dalam 'Trilogi Merdeka', film yang satu ini masih disutradai Yadi Sugandi dan dibintangi oleh Lukman Sardi.

Soekarno: Indonesia Merdeka
'Soekarno: Indonesia Merdeka' adalah film garapan Hanung Bramantyo, tokoh Sukarno dalam film ini diperankan oleh aktor Ario Bayu. Film ini menceritakan tentang kisah hidup Sukarno, yang merupakan seorang pahlawan sekaligus sosok pendiri Tanah Air Indonesia. Selain Ario Bayu, sederet artis ternama tanah air juga menghiasi film ini, seperti Maudy Koesnaedi, Tika Bravani hingga Sujiwo Tejo.

3 Srikandi
'3 Srikandi' adalah film yang akan bikin kamu semakin bangga dengan Indonesia, menceritakan tentang perjuangan tiga atlet panahan perempuan Indonesia. Nur, Lilies dan Kusuma adalah tiga nama atlet yang berhasil memperoleh medali perak pada Olimpiade Seoul tahun 1988. Tiga atlet ini diperankan oleh tiga aktris cantik Indonesia, yaitu Tara Basro, Bunga Citra Lestari dan Chelsea Islan.

Baca juga: Fakta Teks Proklamasi Kemerdekaan yang Kamu Harus Tahu

Tanah Air Beta
Selanjutnya ada 'Tanah Air Beta', film yang datang dari rumah produksi, Alenia Picture milik pasangan Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen. Alenia Picture memang dikenal sebagai rumah produksi yang kerap membuat film-film yang mengangkat kekayaan Indonesia dan nasionalisme.

'Tanah Air Beta' mengangkat konflik di Timor Timur yang menyebabkan Timor Timur memisahkan diri dari Republik Indonesia. Film ini diperankan dengan begitu apik oleh Alexandra Gottardo sebagai Tatiana, sosok utama dalam film yang ingin tetap menjadi bagian dari Indonesia.

Battle of Surabaya
'Battle of Surabaya' adalah film animasi 2D mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia yang diproduksi oleh MSV Pictures. Film ini menceritakan pertualangan Musa, seorang remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi pejuang Arek-arek Suroboyo dalam peristiwa pertempuran dahsyat 10 November 1945 di Surabaya. Film animasi asal tanah air yang berhasil mendapat rating 8,2 di IMDB ini juga bisa kamu pilih sebagai film yang ditonton di Hari Kemerdekaan.

Di antara film-film yang telah disebutkan di atas, ada yang sudah TemanBaik tonton?


Foto: Wikipedia


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler