Sutradara Kamila Andini Buat Film Tentang Batik

Bandung - Bertepatan dengan Hari Batik Nasional, sutradara muda Tanah Air, Kamila Andini mempersembahkan film teranyarnya yang berjudul 'Sekar'.

Film ini menceritakan tentang perempuan buta bernama Sekar yang menjadikan batik-batik karya ibunya sebagai dunianya. Sekar mencintai batik tanpa bisa melihat motif dan warna. Namun, Sekar mampu merasakan makna batik lewat pola, mencium bau lilin, bau pewarna, suara kibaran kain batik saat dijemur juga suara kompor.

Dalam film ini diceritakan bahwa Sekar bertemu lelaki pembuat perak, yang membuat motif batik untuknya dalam bentuk lain. Khawatir atas hubungan itu, ibunya menjaga Sekar seperti dia menjaga batik tulisnya. Namun, Sekar bukan sehelai kain, dia ingin menjaga batik dengan cara sendiri. Lewat kain kawung, ibunya kemudian memanjatkan doa dan harapan.

Film yang dibintangi oleh Christine Hakim, Sekar Sari, dan Marthino Lio ini diproduseri oleh Happy Salma yang bertujuan untuk mengajak penonton menikmati bunyi, visual, dan perasaan tentang batik.

Film 'Sekar' sendiri berdurasi 30 menit. Namun, versi lebih pendeknya dibuat dengan durasi 8 menit dan telah dirilis di kanal YouTube IndonesiaKaya. Rencananya, versi asli 30 menit akan dikirim ke sejumlah festival film di dunia.

Bagi TemanBaik yang ingin menonton langsung film pendek ini, kamu bisa menyaksikannya juga di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia sampai tanggal 14 Oktober nanti. Selain menyaksikan film, kamu juga bisa melihat pameran batik yang menampilkan para pembatik dan ragam kain batik yang berasal dari sejumlah daerah di nusantara, di sini pengunjung dapat melihat secara langsung proses pembuatan kain batik sekaligus bisa membelinya.


Foto: Djarum Foundation

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler