Datang Yuk ke Festival Film Dokumenter 2018 di Yogyakarta

Yogyakarta - Festival Film Dokumenter 2018 (FFD) kembali hadir tahun ini. Berlangsung selama 8 hari, di gelarannya yang ke-17 ini FFD dilaksanakan pada 5-12 Desember 2018 di dua tempat, yaitu Taman Budaya Yogyakarta dan IFI-LIP Yogyakarta.

Namun, FFD tahun ini tidak mengusung tema khusus dalam penyelenggaraannya, karena penyelenggara ingin menghidupkan kembali semangat awal festival ini dalam mengamati perkembangan dokumenter sebagai refleksi sosial dan media edukasi, yaitu; merekam yang tersisa, mencari yang tak terlihat, dan menemukan kearifan semesta.

FFD 2018 memiliki beberapa agenda utama, yakni Pemutaran Kompetisi dan Non-Kompetisi, Diskusi dan Presentasi, Ekshibisi, dan Lokakarya.

Baca Ini Juga Yuk: Jogja Future Project, Ajang Pertemuan Film Maker dengan Investor

Tahun ini, FFD menerima 118 film kategori Dokumenter Panjang Internasional, 100 film kategori Dokumenter Pendek, dan 23 film kategori Dokumenter Pelajar.

Adapun terdapat 13 program dalam agenda pemutaran Non-Kompetisi yang meliputi Perspektif, Spektrum, Retrospektif, The Feelings of Reality, Taiwan Documentary: Into the Time Capsule, Polish Docs: Looking After the Family, A Play of Perspective, Fragmen Kecil Asia, Human, Frame by Frame , DocSound, Lanskap, Le Mois du Documentaire, dan Special Screening 'Talking Money'.

Selain 13 program tersebut, tahun ini FFD juga kembali menghadirkan Lokakarya Kritik Film. Program ini  bekerja sama dengan Yamagata International Documentary Film Festival dan bakal menghadirkan dua mentor handal, yaitu Chris Fujiwara (Programmer, Kritikus Film, Penulis) dan Adrian Jonathan Pasaribu (Kritikus Film, Jurnalis Film). Lokakarya ini akan diadakan secara intensif selama festival berlangsung.

Lewat berbagai tema dan agenda yang dihadirkan, tim FFD percaya jika film dokumenter memiliki peran signifikan dalam mencerdaskan masyarakat dan menghadirkan sudut pandang alternatif yang jarang disentuh media mainstream. 


Foto : Festival Film Dokumenter


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler