KPU Ajak Sukseskan Pemilu 2019 Lewat Film 'Suara April'

Bandung - Pemilihan Umum 2019 sudah di depan mata nih. Di minggu tenang ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi merilis film bertajuk 'Suara April' yang isinya mengajak masyarakat nyoblos calon presiden dan legislatif pilihannya.

Pemutaran film karya Emil Heradi dan Wicaksono Wisnu Legowo ini juga dilakukan di 33 provinsi di seluruh Indonesia mulai darin10 hingga 15 April 2019. Nah di Jawa Barat, film ini diputar di empat kota seperti Bandung, Bogor, bekasi serta Depok.

"KPU RI sudah banyak melakukan sosialisasi mulai dari iklan di media cetak dan menggelar berbagai diskusi. Baru pada Pemilu kali ini kita buat sesuatu yang baru lewat film layar lebar yang langsung diproduksi KPU," ujar Kepala Sub Bagian Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyakarat Cecep Nurjaman seusai pemutaran film di CGV Paris Van Java Bandung, Minggu (14/4/2019).

Cecep mengungkapkan, film Suara April sengaja dirilis mendekati 17 April agar ingatan masyarakat masih melekat dengan pesan yang disampaikan di film. Sesuai dengan isinya, film ini juga disebarluaskan secara inklusif buat para relawan demokrasi yang selama ini berjuang di lapangan.

"Kita sengaja pilih momentum lima hari saja, agar pesan yang disampaikan masih melekat. Kita pengin masyarakat bahagia menyambut pesta demokrasi ini, persis seperti yang tergambar di scene film Suara April," papar Cecep.

Film drama komedi yang berlatar pedesaan ini, dibintangi sejumlah pemain seperti Amanda Manopo, Bio One, Torro Margens dan Dewi Gita. Film  ini juga dikemas dengan berbagai dialog  edukatif tapi banyak humornya loh. Di sisi lain, film ini juga menggambar beberapa fakta yang kerap dihadapi para relawan demokrasi.

Saat sosialisasi, para relawan kerap menemukan berbagai hambatan dan tantangan loh. Misalnya kasus penolakan untuk memilih, hingga memberikan reaksi tabu saat bicara soal politik.

"Intinya kita pengin meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memilih saat Pemilu serentak di 17 April. KPU juga ingin memberikan semangat buat para relawan demokrasi yang selama ini berjuang dan kerja keras melakukan berbagai sosialisasi di masyarakat," tandasnya.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler