Koboy Kampus Ajak Penonton Tertawakan Polah Mahasiswa Era 90-an

Setelah sukses dengan Dilan 1990 dan 1991, seniman berbakat Pidi Baiq kembali bikin gebrakan nih TemanBaik. Kali ini Ayah menghadirkan film Koboy Kampus yang masih berkisah tentang nostalgia Mahasiswa di era 90-an.

Minggu (21/7/2019), Koboy Kampus menggelar gala premier pertamanya di Cihampelas Walk Bandung. Enggak cuma para pemain film, acara ini juga menghadirkan para pentolan asli dari grup musik The Panasdalam Bank, bentukan Pidi Baiq dan kawan-kawannya.

"Dengan dirilisnya film ini, kita pengin buka sejarah, kalau istilah Koboy Kampus sempat beken di Bandung dan sedikit banyaknya mempengaruhi pola pikir para mahasiswa saat itu. Lewat film ini kita juga berharap anak muda sekarang bisa menebalkan rasa kecintaan dan persatuan Indonesia," ujar Sutradara Koboy Kampus Tubagus Deddy kepada BeritaBaik.

Ia mengungkapkan, film bernuansa komedi ini berkisah tentang keseharian mahasiswa Fakultas Seni Rupa di lingkungan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di era tahun 1995 sampai 1998-an. 

Menurutnya, saat itu Pidi Baiq dan teman - temannya punya banyak kegelisahan terkait kondisi negara yang bergejolak. Uniknya, mereka lebih menuangkan aksinya lewat bermusik dan melukis. 

"Banyak scene unik dan absurd yang kami buang karena keterbatasan durasi. Tapi tidak mengurangi esensi kelucuannya, karena saat itu banyak kebiasaan yang khas dilakukan mahasiswa ITB. Misalnya kayak mendirikan negara The PanasDalam. Banyak banget kutipan politik yang lekat dengan kondisi saat itu, " bebernya.

Setelah lebih dari 20 tahun cerita itu tersimpan, Ayah Pidi memutuskan untuk membuat kisah aslinya ini lewat 'Koboy Kampus'. Diproduksi MNC Pictures dan 69 Production ini menghadirkan banyak pemain muda. 

Sebut saja Jason Ranti (Pidi Baiq), Ricky Harun (Ninuk), Bisma Karisma (Deni), David John (Erwin), Miqdad Auddasy (Dikdik) dan sejumlah pemain lainnya seperti Jenifer Lepas, Christy Colondam,Danilla Riyadi dan talenta lainnya. Sementara itu Pidi Baiq menggandeng Tubagus Deddy untuk kolaborasi sebagai penulis skenario dan sutradara.

"Film ini bagi saya mengajarkan nasionalisme yang kuat dan pentingnya persatuan. Saya senang banget main film yang saat syutingnya dibimbing langsung sama pemainnya. Feel-nya lebih mengena dan akting juga mengalir lebih natural," ujar Bisma yang memerankan tokoh Denny.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler