Mau Nonton Seru? Ke Pekan Film Minikino di Bali Yuk!

Denpasar - Festival film pendek internasional Festival "Minikino Film Week" (MFW) bakal kembali digelar akhir pekan ini. Memasuki tahun kelima, festival ini akan digelar selama seminggu penuh dari Sabtu (5/10/2019) hingga Sabtu (12/10/2019).

Direktur Festival MFW Edo Wulia menyampaikan tahun ini Minikino bakal menampilkan beberapa program dari Image Forum Festival di Jepang, Clermont-Ferrand International Short Film Festival (CFISFF) Prancis, Tampere Film Festival Finlandia dan juga La Guarimba Film Festival Italia. "Hal ini sekaligus menindaklanjuti kunjungan saya di Short Film Market CFISFF, dan menjadi panelis dalam diskusi budaya di La Guarimba FIlm Festival," katanya pada BeritaBaik.

Sebaliknya program film pendek eksperimental Indonesia atas seleksi Minikino juga diberi kehormatan untuk tayang di Tokyo, Jepang dalam rangkaian 33rd Image Forum Festival. Dalam 33rd Image Forum Festival tersebut, Direktur Program Minikino Fransiska Prihadi juga diundang menjadi juri dalam sesi kompetisi film pendek eksperimental Asia Timur.

Edo Wulia mengatakan, jaringan kerja antar festival ini penting dilakukan untuk menjadi pondasi bagi bentuk kerja sama lainnya yang mutual dan memberikan manfaat bagi semua pihak. Ia melanjutkan pada tahun 2019 ini Minikino juga telah resmi sebagai anggota Short Film Conference, satu-satunya lembaga konferensi internasional untuk jaringan kerja global film pendek.

Dengan pengakuan Short Film Conference ini, kata Edo, Minikino ikut menentukan, membantu, serta berkembang bersama festival-festival film pendek internasional lainnya di dunia. Lebih jauh lagi, membawa informasi tentang kondisi di Asia Tenggara dan Indonesia khususnya untuk ikut diperhatikan dalam konferensi dan penyusunan kode etik festival.

Berbagai kemungkinan pengembangan kerja sama di masa depan juga tetap dipikirkan," tegasnya.

Sementara itu, Direktur Program MFW Fransiska Prihadi memaparkan, ada lebih dari 300 film pendek yang tersebar dalam 46 program di MFW kelima ini. Selain itu, ada tujuh program tamu, 29 program Internasional, 10 program S-Express 2019, serta 10 program Indonesia Raja 2019.

"Tahun ini, program MFW 5 Made in Indonesia mempersembahkan karya sutradara Indonesia Lucky Kuswandi yang secara konsisten menampilkan gambaran Indonesia kontemporer dalam medium film pendek," tuturnya.

Lokasi acara Minikino Film Week ada di sejumlah titik yang tersebar di berbagai penjuru Pulau Bali yakni di Alliance Francaise Bali, Irama Indah Music Centre, MASH Denpasar, Rumah Sanur Creative Hub, Vivere Gallery & Kolega, Uma Seminyak, Umah Nusa Dua, Omah Apik Pejeng, dan Rumah Film Sang Karsa Buleleng.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler