Mantap! JAFF 2019 Siap Hadirkan 107 Film dari 23 Negara

Jakarta - Salah satu festival film tahunan Jogja yang telah terselenggara sejak tahun 2006 yakni Jogja Netpac Asian Film Festival (JAFF), di tahun ke 14 ini akan hadir dengan mengusung tema 'Revival' yang akan dimulai pada tanggal 19 hingga 23 November di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tema tersebut adalah sebagai bentuk panggilan untuk merefleksikan serta mengangkat kembali kekayaan sejarah dan peradaban Asia. Selain itu identitas Asia saat ini pun sudah mulai bangkit termasuk Indonesia.

"Kita benar-benar ingin menggali kekayaan identitas Asia. Kita sebagai bangsa Indonesia termasuk Asia rasanya kita sudah saling melihat identitas dan kekuatan masing-masing," ujar Ifa Isfansyah selaku Festival Director saat press conference JAFF 2019 di Plaza Indonesia XXI, Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Meski Asia sempat mengalami kolonialisme, hal tersebut memberi dasar bagsa Asia membangun masa depan melampaui Barat. Ifa juga menambahkan kalau konten Asia saat ini sangat kuat. "Tidak dalam sinema saja, konten-konten Asia ini sekarang sangat kuat dan dilihat oleh budaya barat yang biasanya jadi kiblat kita."

Untuk pertama kali JAFF dilakukan di satu tempat sebagai venue-nya. "JAFF di tahun ini akan dilaksanakan secara terpadu di satu kawasan yang berpusat di Empre XXI Yogyakarta. Ada sebanyak 107 Film akan ditayangkan dalam pemutaran JAFF. Tahun ini semua film diputar di situ. Ada screen sebagai layar premier untuk penjurian. Semua aktivitas ada di situ dan berpusat di situ," kata Ifa Isfansyah.

Baca Ini Juga Yuk: 'Bebas', Kisah Romantika 90-an yang Bikin Tertawa Sekaligus Haru

JAFF memang ingin membuat semuanya lebih memusat di tahun ini. Tim dari JAFF sendiri juga memastikan bahwa semua film memiliki kualitas gambar dan audio yg baik dan kurasi yang cukup ketat. "Festival ini akan menghadirkan film-film yang tidak bisa banyak dilihat di Indonesia untuk memberikan jendela kepada para film maker baru ini loh film Asia tahun ini yang bisa kita lihat sama-sama," ujar Artistic Director, Kamila Andini.

Festival akan dibuka oleh film 'Abracadabra' arahan sutradara Faozan Rizal. Dibintangi oleh Reza Rahadian, film ini akan menyuguhkan sebuah drama-komedi seorang pesulap bernama Lukman yang berusaha menggali kembali gairahnya pada dunia sulap.

Selanjutnya ada 'Humba Drems' yang merupakan salah satu film yang akan disuguhkan juga di JAFF 14. Film yang bercerita tentang seorang Mahasiswa sekolah film Jakarta yang perlahan menemukan jawaban tentang Humba dan dirinya.

Tercatat 23 Negara akan ikut dalam penyelenggaraan. Antara lain adalah Indonesia, Filipina, Kamboja, Cina, Australia, Iran, Korea Selatan, Singapura, India, Vietnam, Jepang, Thailand, Kyrgyzstan, Sri Lanka, Bhutan, Jordan, Malaysia, Uzbekhistan, Tibet, Hongkong, Usa, Georgia, dan Bangladesh.

Untuk TemanBaik yang tertarik dengan dunia film sepertinya wajib nih untuk datang ke Jogja Netpac Asian Film Festival.


Foto: Delagantika Pratiwi/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler