Rayakan Hari Pangan, Yuk Tonton 5 Film Bertema Makanan Ini

Yogyakarta - Dalam rangka World Food Day alias Hari Pangan Sedunia yang diperingati tanggal 16 Oktober, rasanya cocok sekali jika kini saatnya kita membahas tentang film-film yang bertema tentang makanan.

Selain menampilkan visual yang tentunya dapat membuat kita tergiur, film-film berikut juga mempunyai alur cerita yang menarik. Nah, TemanBaik jadi semakin penasaran kan, kira-kira film apa saja sih yang bertema tentang makanan sekaligus asik dan seru buat ditonton?

Yuk, kita simak beberapa film rekomendasi dari BeritaBaik di bawah ini: 

Ratatouille 

Film animasi yang disutradarai oleh Brad Bird ini bercerita tentang seekor tikus bernama Rémy yang bermimpi jadi seorang chef andal dari Perancis. Namun, keinginan tersebut nampaknya mustahil karena Rémy hanyalah seekor binatang pengerat.

Saat nasib membawa Remy tinggal di sebuah gorong-gorong di kota Paris, ternyata ia berada di bawah sebuah restoran dengan chef terkenal, Auguste Gusteau.

Meskipun ia adalah pembuat masalah yang tak nampak dan tak diinginkan, hasrat Remy untuk memasak secara tidak sengaja perlahan mulai terwujud lewat Linguini, seorang tukang sampah yang baru saja diterima di restoran tersebut.

Julie & Julia

Diadaptasi dari dua buku, yakni 'My Life in France' oleh Alex Prud’homme dan 'Julie & Julia 365 Days, '524 Recipes, 1 Tiny Apartment Kitchen' oleh Julie Powell, kisah yang diceritakan dalam film 'Julie & Julia' ini adalah kisah nyata.

Film ber-genre drama-komedi tersebut merupakan film terakhir dari sang penulis naskah dan sutradara, Nora Ephron sebelum meninggal pada tahun 2012.

Film ini memiliki alur maju-mundur dari tahun 1949-2002 dan menggambarkan kejadian-kejadian dalam kehidupan chef Julia Child (Meryl Streep) pada tahun-tahun awal dalam karier kulinernya, kontras dengan kehidupan Julie Powell (Amy Adams) yang berusaha memasak semua resep yang ada di buku karya Julia Child selama setahun sekaligus menuliskan pengalaman memasaknya tersebut di dalam blognya yang kemudian menjadikannya seorang penulis.

Little Forest 

Film Jepang besutan sutradara Junichi Mori ini terbagi menjadi 2 babak, yakni babak 'Summer/Autumn' dan babak 'Winter/Spring'.

Diangkat dari serial komik atau manga populer berjudul 'Little Forest' karya Daisuke Igarashi, film ini bercerita tentang remaja perempuan bernama Ichiko (Ai Hashimoto) yang hidup di desa terpencil di Jepang dan secara keseluruhan menggambarkan keindahan alam Jepang selama empat musim, seni bertani, dan filosofi makanan.

Tabula Rasa

Film garapan sutradara Adriyanto Dewo ini merupakan film pertama di Indonesia yang bertema kuliner. Bercerita tentang Hans, seorang pemuda dari Serui, Papua yang bermimpi jadi pemain bola profesional. Namun, nasib berkata lain. Ketika Hans hampir kehilangan harapan untuk hidup, ia bertemu dengan Mak, pemilik rumah makan Padang (lapau).

Di tengah perbedaan antara Mak yang berasal dari Padang dan Hans yang berasal dari Papua, mereka pun menemukan persamaan dan mampu berbaur akrab. Lewat makanan, Hans kembali menemukan mimpi dan semangat hidup.

Semua itu seolah memberi pesan bahwa kita sebagai orang Indonesia harus mampu bersatu dalam damai, tidak memandang dari SARA.

Chef 

Film ber-genre drama-komedi ini ditulis, diproduseri, dan disutradari oleh Jon Favreau. Ia juga membintangi film tersebut bersama aktor-aktris terkenal lainnya, seperti Sofia Vergara, Scarlett Johansson, Dustin Hoffman, Robert Downey Jr., dan masih banyak lagi.

Jon Favreau berperan sebagai chef profesional yang keluar dari pekerjaannya di sebuah restoran ternama di Los Angeles dan kembali ke rumahnya di Miami untuk menyelesaikan pembuatan food truck.

Ia menjalin hubungan kembali dengan mantan istrinya dan mengajak anak laki-lakinya untuk bergabung dengannya mengendarai food truck tersebut ke L.A sambil berjualan cubanos di beberapa kota yang dilewati.

Aruna & Lidahnya 

Film yang disutradarai oleh Edwin ini diadaptasi dari novel karya Laksmi Pamuntjak. Bercerita tentang kehidupan Aruna (Dian Sastro), seorang ahli epidemiologi yang sedang single dan terobsesi dengan makanan setiap saat. Obsesinya tentang kuliner terpuaskan ketika Aruna melakukan penyelidikan terhadap sebuah kasus flu burung.

Bersama dua temannya, seorang chef bernama Bono (Nicholas Saputra dan seorang penulis bernama Nadezhda (Hannah Al Rashid), mereka melakukan perjalanan ke berbagai daerah di Jawa Timur, Madura, hingga Kalimantan Barat sekaligus mencicipi kuliner khas dari tiap daerah yang dikunjungi.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler