HelloFest 13 Siap Suguhkan 156 Film Pendek & Animasi

Jakarta - Ada acara seru buat TemanBaik penggemar film nih. Sebentar lagi bakal ada HelloFest 13 yang akan diselenggarakan di CGV FX Sudirman Jakarta, pada Sabtu dan Minggu, 23-24 November 2019 dari pukul 11.00 WIB hingga 18.00 WIB.

HelloFest sendiri adalah program apresiasi dan kompetisi visual kreatif di bidang animasi dan film pendek terbesar di Indonesia. Acara ini diinisiasi oleh institusi layanan edukasi dan konten visual kreatif berbasis teknologi, HelloMotion.

Dari tahun ke tahun, HelloFest terus konsisten menjadi wadah untuk karya inovatif, inspiratif dan menghibur dari kreator muda. HelloFest menjadi ruang benchmark untuk perkembangan konten visual Indonesia.

"Telah banyak peserta yang sudah berkiprah nyata di dunia kreatif Indonesia berawal dari berani berekspresi melalui film pendek, salah satunya lewat HelloFest. Ruang apresiasi harus terus diwadahi untuk memunculkan kreator-kreator segar lainnya yang akan berkontribusi di layar lebar dan medium lainnya," ujar Wahyu Aditya, Founder HelloFest melalui rilis yang diterima Beritabaik.

Wahyu juga menambahkan kalau film pendek bisa menjadi langkah awal bagi kreator untuk mengembangkannya ke proyek lain. "Film pendek juga bagaikan konsep awal untuk kreator mengembangkan ke proyek lainnya, misalnya film pendek Makmum karya Riza Pahlevi dari Yogyakarta, pemenang Best Horror tahun 2016 di HelloFest yang pada akhirnya dilirik untuk dijadikan film layar lebar," tambahnya.

Sejak pertama kali dimulai tahun 2004, HelloFest hadir dengan beragam program loh. Mulai dari kompetisi film pendek dan animasi, seminar tentang industri kreatif, roadshow ke berbagai kampus hingga capacity building ke festival internasional.

Di tahun ke-13 ini, HelloFest menjadi panitia di event computer graphic terbesar di Asia bernama Asiagraph sejak tahun 2008. Selain itu HelloFest menjadi qualifying festival untuk kategori animasi di Festival Film Indonesia sejak 2017 dan FFI 2019. Empat dari enam nominasi untuk kategori film animasi pendek berasal dari rekomendasi partisipan HelloFest.

Tahun ini, HelloFest menerima 403 karya dari beragam domisili seperti Jember, Batam, Bali, Yogyakarta, Malang, Semarang dan wilayah Jabodetabek sebagai salah satu partisipan terbanyak. Terdapat tiga pengelompokan kompetisi di HelloFest kali ini yaitu film pendek jenis live action, animasi, dan 8 detik pas dengan tahun produksi 2017 ke atas berdurasi maksimal 10 menit.

Telah terkurasi 156 finalis yang terdiri dari 56 film pendek live action dan animasi serta 100 karya dari kategori 8 detik pas. Para finalis memperebutkan 12 penghargaan di antaranya Best Horror, Best Comedy, Best Picture, Best Animation, Best Live Action hingga Best Student Creation untuk kategori kreator pelajar.

Keseluruhan finalis akan dinilai oleh juri dengan latar belakang beragam, seperti Denny Ertanto (Visual Effect Artist & Digital Compositor), Ernest Prakasa (Aktor, Penulis & Sutradara Film), AKP Hasby Ristama (Penggagas Police Movie Festival), Rangga Djoned (Actor & Art Director), Najelaa Shihab (Praktisi Pendidikan), Pinot (Content Creator), Fajar Bustomi (director) dan Wahyu Aditya (Founder HelloFest).

Puncak kegiatan HelloFest 13 dengan tagar #HelloFest13 terdiri dari 3 rangkaian acara yaitu screening, awarding dan visual content. Wah seru banget kan! Gimana, TemanBaik mau datang?

Acara ini terbuka untuk umum dan enggak dipungut biaya alias gratis loh! Tapi jangan lupa untuk melakukan registrasi terlebih dahulu ya melalui tautan berikut https://hellofest.com/hellofest-13-event/

Foto: dok. HelloFest

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler