Cerita Cinta Trilogi Dilan yang Ditutup Manis di Bandung

Bandung - Kisah cinta dari film Trilogi Dilan, memasuki babak akhirnya. Mendekati momen Hari Valentine, 13 Februari 2020, Max Pictures menggelar premiere sekuel ketiganya bertitel 'Milea: Suara dari Dilan' di Cihampelas Walk Bandung. Menjadi penutup manis dari kesuksesan 'Dilan 1990', '1991', seluruh pemain, kru film hingga para Dilanisme (sebutan bagi penggemar film Dilan) tumpah ruah demi menyaksikan projek terakhir ini sejak Kamis pagi, (13/2/2020).

Seperti tradisi tahunan, kehadiran film yang dipetik dari buku karya Pidi Baiq ini juga selalu disambut dengan gegap gempita. Lahir dan berlatar belakang kisah di Bandung, maka di kota ini juga 'Milea Day' harus digelar dengan beragam perhelatannya. Sebelum karya itu benar-benar dinikmati di layar bioskop, apresiasi pun selalu dimulai dengan roadshow serta meet and greet para pemeran Milea di beberapa mall. Antusiasme para penggemar novel dan film ini juga tak cukup hanya bertemu muka dengan pemain. Mereka juga menggelar konvoi berkeliling beberapa jalan yang dianggap Dilan dan Milea sangat mengesankan.


Tilik deh TemanBaik, kemeriahan acara 'Meet and Great Milea' di Bandung juga sukses menghadirkan ribuan Dilanisme di area Union Square Ciwalk. Apalagi di sana juga ada beberapa sosok menawan yang menghiasi film Milea. Sebut saja Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Yoriko Angeline, Zulfa Maharani, Jerome, Debo, hingga Ira Wibowo.

Baca Ini Juga Yuk: Sudahi Peran Sebagai Milea, Vanesha Prescilla Cerita Perasaannya

Bahkan sosok Ayah Pidi Baiq yang biasanya 'sembunyi', kali ini ia bersedia loh menampakkan diri di depan audiens, berdiri sejajar dengan istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Kamil, Sutradara, Fajar Bustomi, Produser, Ody Mulya dan jajaran pemain.

"Tak menyangka juga sejak kehadiran film Dilan 1990, Dilan 1991, antusiasme masyarakat sangat luar biasa dan itu di luar ekspektasi. Setiap kali aku kangen proyek ini, aku bisa nonton Dilan 1990, Dilan 1991, dan Milea. Walau ini trilogi terakhir, jangan sedih karena Dilan Milea berpisah, tapi bahagialah karena mereka pernah bersama," ujar Iqbal seusai pemutaran perdana film Dilan.

Seolah mengobati kerinduan para Dilanisme di Kota Bandung. Tak segan para pemain, terutama Iqbal dan Vannesa menyapa ratusan penonton dengan senyuman dan perbincangan yang kontan membuat para penonton yang sudah menunggu lama itu terhibur.

Iqbaal yang memerankan Dilan juga mengisahkan, sekuel anyar ini juga menjadi sudut pandang beda yang mempertegas dua film sebelumnya. Harapannya sama, pentolan dari grup band Coboy Junior ini ingin trilogi Dilan ditutup dengan cerita kesuksesannya di layar bioskop.

"Tetap berharap, kalau kerja keras para kru film dan para sineas ini akan mendapatkan apresiasi yang lebih baik dari penonton. Pokoknya excited dan bersyukur juga. Semoga film ini dapat diapresiasi lebih baik lagi dari film Dilan sebelumnya. Terima kasih pada penonton film Indonesia yang sudah mengapresiasi film saya," ungkapnya.

Tak beda dari Iqbaal, Fajar Bustomi sebagai sutradara juga sempat menghadapi berbagai kesulitan karena ia harus menyelesaikan proses syuting langsung dua judul film.

"Saya merasakan 3 tahun menggarap projek trilogi Dilan ini sangat luar biasa. Waktu mengerjakan dua judul sekaligus saya masih agak mencari ritmenya karena waktu itu saya dan teman-teman fokus di 'Dilan 91'. Baru berikutnya pindah ke Milea dan itu semua tidak mudah," ungkapnya.

Namun, di tengah kelelahannya menggarap projek ini, Fajar tetap berharap Ayah Pidi akan terus mengisahkan percintaan antara Dilan dan Milea dengan rasa dan gaya khasnya.

"Terus terang saya sedih saat setahun belakangan mengedit, karena berkat film ini kita semua merasa dekat dan terkesan dengan semua proses syuting yang dijalani. Tak terasa setelah 3 tahun bersama, saat ini trilogi Dilan sudah memasuki sekuel penutup," katanya.

Ada kabar baik juga nih TemanBaik. Ody Mulya selaku Produser menceritakan kalau Dilan siap diputar di Malaysia. Ia juga optimistis, kisah cinta 90-an ini juga akan mendapatkan animo yang sangat baik di Negeri Jiran.

"Sementara ini untuk promosi terdekat kita akan membawa kesuksesan Dilan ke Malaysia. Rencananya akan tayang di sana sampai film ke 3. Kami tetap berharap film ini mendapatkan apresiasi di sana, karena pada dasarnya film ini juga bisa sukses di sana," terangnya.

Alkisah Milea
Suara dari Dilan, masih berkutat dalam cerita asmara anak 90-an antara Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea yang diperankan oleh Vanesha Prescilla. Dilan, seorang panglima tempur sebuah geng motor di Bandung awal 90-an menjalin hubungan dengan seorang siswi baru asal Jakarta bernama Milea. Dia selalu merasa bahagia saat bersama Milea, namun justru hal inilah yang membuat teman-teman geng motor Dilan merasa dirinya makin menjauh dari kelompok tersebut.

Hingga suatu hari, peristiwa mengerikan yang menimpa salah satu anggota mereka, Akew. Ia dikeroyok oleh sekelompok orang yang mengakibatkan dirinya meninggal dunia. Peristiwa itu membuat Milea khawatir akan keselamatan Dilan. Milea membuat keputusan untuk berpisah dengannya sebagai peringatan agar Dilan menjauh dari geng motor tersebut. Di sisi lain peristiwa yang menimpa Akew juga menyeret Dilan ke pihak berwajib bersama teman-temannya.

Putusnya Dilan dari Milea mulanya hanya gertakan Milea akibat ulah Dilan. Sayangnya, titik itulah yang menjadi perpisahan yang berlangsung lama sampai mereka lulus kuliah dan dewasa. Perpisahaan itu membawa perasaan yang sama hingga ketika keduanya kembali bertemu di sebuah reuni, namun saat itu mereka sudah memiliki pasangan masing-masing.

Foto: Dini Yustiani/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler