4 Film tentang Pendidikan yang Bisa Bangkitkan Semangat Kamu

Bandung - TemanBaik, tahu kan jika hari ini Minggu, 2 Mei 2021, di peringati sebagai Hari Pendidikan Nasional alias Hardiknas? Nah, pada momentum ini, tentu pas untuk membahas berbagai hal tentang dunia pendidikan. Enggak hanya melulu soal dunia formal sekolah atau kampus, bicara pendidikan juga bisa melalui film.

Ngomong-ngomong soal film, ada banyak loh yang mengangkat tema dunia pendidikan. Karena banyak banget, BeritaBaik.id akan menghadirkan empat film untuk diulas. Apa saja? Simak ulasannya, nih!

1. Laskar Pelangi
Film yang tayang pada 2018 ini tentu tak afdal jika tak dibahas sebagai salah satu film terbaik dengan aroma pendidikan yang kental. Diadaptasi dari novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, film ini termasuk salah satu film tersukses di Indonesia. Jumlah penontonnya mencapai 4,6 juta orang.

Laskar Pelangi bercerita kehidupan masyarakat di Belitung, terutama seorang guru dan 10 murid dengan beragam karakter serta keunikan masing-masing. Mereka berusaha agar sekolah tempat menimba imu tetap dipertahankan.

Melalui film ini, penonton diajak untuk selalu bersemangat dalam mengenyam pendidikan. Bahkan, keterbatasan yang ada justru membuat motivasi semakin berlipat. Selain dunia pendidikan, film ini juga sarat akan pesan persahabatan.

2. Negeri 5 Menara
Dirilis tahun 2012, film Negeri 5 Menara sangat sarat dengan dunia pendidikan pesantren. Film ini menceritakan Alif yang diminta orang tuanya masuk ke pesantren.

Menghadirkan lima sosok utama, Negeri 5 Menara juga sangat kental dengan dunia persahabatan. Kenakalan-kenalan kecil pun membumbui aksi para tokoh yang membuat satu sama lain semakin dekat.

Baca Ini Juga Yuk: Yura Yunita Sajikan 'Tenang' dalam Versi Film Pendek

3. Tanah Surga Katanya
Ringgi Agus Rahman dan Astri Nurdin didaulat jadi pemeran utama di film yang rilis pada 2012 ini, yakni tokoh Anwar dan Astuti. Keduanya bertugas sebagai guru dan dokter.

Film ini bercerita tentang tempat bertugas Anwar dan Astuti di salah satu daerah di Kalimantan. Di sana, mereka merasakan minimnya pendidikan serta rasa nasionalisme warga. Mereka bahkan lebih mengenal Malaysia yang merupakan negara tetangga ketimbang negara mereka sendiri.

Anwar dan Sanusi pun melakukan beragam cara, termasuk mengajar anak-anak. Keduanya membangkitkan rasa nasionalisme anak-anak dan memberikan pendidikan layak.

4. Sokola Rimba
Film yang rilis tahun 2013 ini diangkat dari kisah nyata Butet Manurung yang bekerja di lembaga konservasi di Jambi. Sosok Butet ini kemudian diperankan Prisia Nasution.

Perjuangan mengajar jadi cerita utama yang disuguhkan dalam film ini. Tergambar bagaimana sulitnya perjuangan Butet melawan adat suku setempat. Ia berusaha mengubah pandangan warga adat yang menganggap penting dunia pendidikan.

Nah, di luar empat film di atas, ada banyak film lain dengan tema dunia pendidikan. Beberapa di antaranya adalah Aisyah Biarkan Kami Bersaudara, Mengejar Embun ke Eropa, Kartini, dan Mars: Mimpi Ananda Raih Semesta.

Foto:  wikimededia.org/Miles Films
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler