'Jejak Inspirasi', Dokumenter 47 Tahun Perjalanan Teater Keliling

Jakarta - Memperingati 47 tahun berkarya, komunitas Teater Keliling, merilis sebuah film dokumenter berjudul 'Jejak Inspirasi'. Dokumenter ini merangkum semangat empat setengah dekade lebih perjalanan mereka berteater keliling dunia.

Perilisan sekaligus pemutaran perdana film dokumenter ini digelar di Perpustakaan Nasional RI, Jl. Medan Merdeka Selatan No.11, Gambir, Jakarta Pusat dan juga digelar secara daring melalui akun Instagram @teaterkelilingind. Dalam pemutaran perdananya, Sutradara dan Ketua Yayasan Teater Keliling Indonesia, Dolfry Inda Suri menyebut dokumenter ini merupakan wujud dedikasi pelaku di balik Teater Keliling Indonesia. 

"Jiwa seni dari pelaku teater ini jadi sumber inspirasi. Kok bisa ya mereka menjalankan apa yang mereka inginkan? Aku dapat banyak hal dari proses berteater ini," ujar wanita yang kerap disapa Kak Oi ini.


Ia juga mengajak seluruh pemuda, khususnya pelaku seni di Indonesia untuk berani bermimpi dengan kesenian yang dijalani saat ini. Menurut Oi, tidak ada mimpi yang terlalu tinggi selama kita berdedikasi terhadap mimpi kita.

Baca Ini Juga Yuk: 4 Film tentang Pendidikan yang Bisa Bangkitkan Semangat Kamu

Film berdurasi 15 menit tersebut coba merangkum 47 tahun perjalanan Teater Keliling Indonesia. Dalam film ini, nampak optimisme menggebu dari pendiri Teater Keliling Indonesia dalam mewujudkan gerakan kesenian yang mampu membentuk karakter bangsa lewat seni teater.

Dalam film 'Jejak Inspirasi', Teater Keliling Indonesia seolah menggabungkan 1600 pementasan yang pernah ditampilkan. Salah satu yang mendominasi adalah teater berjudul 'Mega Mega'. Pemilihan naskah ini sebagai benang merah dokumenter diakui oleh Rudolf Puspa selaku pendiri Teater Keliling merupakan representasi dari upaya mereka menyelami kehidupan di sekitar tempat mereka berteater.

"Kita ini main teater (berkeliling) bukan hanya main di panggung, tetapi mengenal lapisan kehidupan di tempat kita manggung," ujar Rudolf.

Sebagai bocoran, Teater Keliling Indonesia sedang menggodok proses kreatif untuk karya film musikal tentang salah satu bangsawan asal Padang bernama Bagendo Aziz Chan. Mereka coba mengangkat kisah perjalanan Wali Kota Padang kedua ini, sekaligus mengangkat eksotisme Padang, dan banyak hal lainnya yang wajib diketahui oleh penontonnya.

"Merasa tertantang banget untuk menyelesaikan proyek ini. Karena tokoh ini merupakan bagian penting dari sejarah," pungkasnya.

Sebagai informasi, Teater Keliling Indonesia sudah berdiri sejak 13 Februari 1974. Namanya sudah malang melintang dengan 1600 pementasan di seluruh wilayah Indonesia. Mereka juga sudah mentas di 11 negara di 4 benua.

Sejumlah rekor dan pencapaian berhasil ditorehkan Teater Keliling Indonesia, antara lain: rekor MURI dengan kategori pementasan teater terbanyak pada tahun 2010, penghargaan sebagai Abdi Abadi dari Federasi Teater Indonesia (2017), penghargaan lingkungan hidup dari Kementerian Lingkungan Hidup, dan masih banyak lagi.

TemanBaik, film dokumenter 'Jejak Inspirasi' karya Teater Keliling Indonesia sudah dapat kamu saksikan di YouTube mulai hari ini, Senin (10/5/2021) pukul 16.00 WIB. Selamat menonton, ya!

Panjang umur, Teater Keliling Indonesia! Semoga karya-karyamu terus melahirkan inspirasi. Jangan berhenti berkarya sampai usiamu menginjak ratusan, atau mungkin ribuan, ya!

Foto: Dok. Teater Keliling Indonesia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler