Film 'Kadet 1947' Hadirkan Sisi Lain Perang Awal Kemerdekaan

Bandung - Industri perfilman Tanah Air bakal diramaikan dengan hadirnya film 'Kadet 1947'. Film bertema nasionalisme ini menampilkan 16 tokoh penting dalam masa perjuangan awal kemerdekaan NKRI.

Lahir di bawah besutan sutradara Rahabi Mandra dan Aldo Swastia, film ini menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia yang belum usai kendati sudah dua tahun memproklamirkan kemerdekaan. Dalam alur ceritanya, 'Kadet 1947' menampilkan sekelompok Kadet (pelajar) yang sedang menempuh pendidikan di Maguwo, sekolah penerbangan milik TNI Angkatan Udara.

Beberapa nama yang bermain di film ini antara lain Kevin Julio, Bisma Karisma, Marthino Lio, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada Ibnu Jamil yang memerankan Halim Perdanakusuma, Ario Bayu sebagai Soekarno, serta Ramdan Al Rasyid sebagai Abdul Rachman Saleh.

Setelan waktu yang mengambil tahun 1947, secara umum menggambarkan situasi Indonesia yang kala itu baru merdeka, namun belum sepenuhnya bebas dari 'ancaman' tentara sekutu (Belanda dan Inggris). Para Kadet yang menempuh pendidikan di Maguwo ini dikisahkan sedang mengejar cita-citanya menjadi penerbang pesawat sekaligus turut andil dalam menjaga keutuhan Indonesia.

Baca Ini Juga Yuk: Wakil Indonesia Raih Golden Leopard di Festival Film Locarno

Ketegangan demi ketegangan tersaji dalam trailer film berdurasi 2 menit 22 detik tersebut. Suasana perang, ledakan bom, juga tekanan emosi antarkarakter yang menohok, akan memainkan adrenalin penonton. Dialog-dialog yang menohok serta upaya para tokoh utama mewujudkan cita-citanya sebagai penerbang pesawat menghiasi dinamika alur cerita film ini.

“Di trailer ini penonton bisa mulai merasakan keseruan hubungan antarkarakter. Mulai kelihatan bagaimana mereka berinteraksi, motivasinya, dan siapa yang berpotensi konflik di sini. Terselip pesan-pesan para pahlawan nasional yang membakar semangat anak muda saat itu dan masih relevan dengan realita sekarang.” jelas Sutradara sekaligus penulis naskah Kadet 1947 Rahabi Mandra dalam keterangan resmi yang diterima Beritabaik.id.

'Kadet 1947' juga menampilkan sisi romantis, dimana tokoh Sigit (Bisma Kharisma) dan Asih (Givina Lukita) dikisahkan memiliki hubungan asmara. Bumbu romansa dalam film ini seolah mengangkat kisah di balik layar sebuah peperangan.

Baca Ini Juga Yuk: Menyingkap Kesadaran Magis Lewat Esai Sinema 'Ghost Like Us'

Kisah para Kadet dan suasana NKRI di awal kemerdekaan pada 1947 rencananya tayang di bioskop mulai 25 November 2021. Celerina Judisari selaku produser film ini, menyebut penghujung November sebagai momentum yang tepat untuk memutar 'Kadet 1947'. Ia berkaca pada animo masyarakat yang terus meningkat setelah bioskop kembali dibuka.

"Selain itu, bulan November juga ada Hari Pahlawan, semakin pas momentumnya bagi film heroik yang kami kemas secara pop seperti Kadet 1947 untuk hadir di tengah masyarakat," ujarnya.

TemanBaik, catat tanggal tayang film 'Kadet 1947' dan jangan lewatkan keseruan ceritanya, ya!


Foto: Istimewa/Dokumentasi Film Kadet


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler