Meremang Petang di Prambanan

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, atau kurang lebih 17 kilometer dari Yogyakarta kompleks candi di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini menjadi candi termegah di Asia Tenggara.

Candi ini dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 1991. Keanggunan arsitektur yang menawan tersaji di komplek candi yang berdampingan dengan Candi Lumbung dan Candi Sewu ini. Sejarah mencatat jika hal tersebut merupakan bukti keharmonisan antara umat Budha dan Hindu di Pulau Jawa tidak hanya di masa lalu tapi juga saat ini.

Sajian alam yang kental dengan nuansa kisah legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso ini kerap mencuatkan decak kagum. Berpadu dengan kokoh dan tingginya setiap candi seakan menjadi sebuah percakapan antara hamba dan pemilik semestanya sebagai sebuah perjalanan menuju nirwana. Menikmati ketenangan semilir angin, remangnya petang hingga teduhnya matahari terbenam adalah sebuah pilihan terbaik untuk menutup hari dan menghabiskan waktu di Candi Prambanan.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler