Bikin Kulit Wajah Cantik Alami dengan Kefir

Bandung - Banyak cara ditempuh untuk mempercantik kulit wajah. Tak sebatas menyambangi klinik perawatan yang mematok harga selangit, TemanBaik juga bisa memanfaatkan berbagai bahan alami berkhasiat mumpuni namun dengan budget irit di kantong.

Salah satunya kefir. Sejak tahun 6.600 sebelum masehi kefir telah digunakan sebagai obat herbal. Seiring perkembangan zaman, hasil mikroorganisme ini mulai diolah sebagai skin care hingga minuman sehat di daratan barat, hingga merambah ke Indonesia.

Rina, Marketing dari Azet Kefir menuturkan, kefir dikenal sebagai obat ampuh sejak Rasulullah membawanya dalam bentuk curd atau gumpalan susu kambing yang disimpan dalam kantung dalam jangka waktu lama. Menurut sejarah, bangsa Arab yang dulu nomaden atau berpindah-pindah dikenal lebih kuat staminanya berkat mengonsumsi kefir setiap hari. Bahkan, rata-rata dari mereka berumur panjang dalam kondisi sehat.

"Selain bagus untuk kulit wajah, kefir juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit berat seperti kanker, diabetes, kolesterol, asam urat, asma dan masih banyak lagi," ujar Rina.

Azet sendiri memproduksi kefir dalam bentuk kosmetik dan minuman dengan rasa yang mirip yoghurt asam dan manis menyegarkan. Untuk menambah citarasa, biasanya Azet menambah citarasa ditambahkan susu segar serta perasa dari buah-buahan segar. Misalnya stroberi, angur, mangga dan lainnya.

"Minuman kefir untuk kesehatan bisa diminum secara rutin setiap hari. Untuk jumlahnya bisa 1-2 botol yang telah kami kemas khusus. Namun banyak orang juga yang menggunakan plain kefir untuk bahan masker. Satu hal yang tidak boleh terlewatkan, kefir harus disimpan dalam suhu dingin," paparnya.

Bagaimana dengan kefir kosmetik? Azet memproduksi kefir dalam bentuk masker dan krim siang - malam serta toner. Kefir masker biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat kronis, melasma hingga mencerahkan kulit wajah. Kandungan mikroorganisme yang terkandung dalam kefir, juga bersifat detoksifikasi atau membuang racun-racun yang melekat pada kulit.

"Seperti masker pada umumnya, masker kefir bisa digunakan seminggu dua kali. Sebelum menggunakan masker sebaiknya wajah sudah dicuci bersih dan dalam kondisi kering. Dalam beberapa kasus, kefir akan memberikan reaksi seperti kesemutan saat dipoleskan. Tapi hal itu sangat biasa," ungkapnya.

Sementara untuk krim, kefir biasanya digunakan menjelang tidur atau sebelum melakukan aktivitas di pagi hari. "Jangan lupa juga untuk menambahkan toner. Penggunaan kefir dalam jangka waktu panjang memang dapat mencerahkan sekaligus mengobati jerawat. Namun sifatnya tidak instan," kata Rini.

Satu paket perawatan kulit dari Azet Kefir dibanderol Rp 150.000 lengkap mulai dari masker, krem serta toner. Sementara untuk minumannya Rp 10 ribu per botol.




Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler