Kenali Metode Food Prep Agar Hidup Lebih Sehat

Bandung - Istilah food prep mungkin tidak asing lagi di telinga. Bagi generasi yang melek media sosial, topik ini kerap berseliweran di feed Instagram. Metode food prep memang terbilang instagramable, para pelakunya biasa membagikan menu food prep mereka di akun media sosial.

Food prep atau kependekan dari food preparation sendiri adalah trik menyiapkan makanan atau bahan makanan yang dilakukan untuk beberapa hari ke depan. Cara ini dapat menghemat waktu dan mempermudah proses memasak. Selain itu, metode ini juga dapat mengontrol pengeluaranmu saat belanja bahan makanan. Dengan mempersiapkan menu seminggu sebelumnya, budget belanja pun jadi lebih terukur.

Food prep menerapkan metode membagi makanan dalam porsi sekali makan untuk jangka waktu tertentu, baik berupa makanan matang atau bahan masakan mentah. Lalu, menyimpannya di kulkas dan hanya dikeluarkan saat makanan akan dikonsumsi.

Apakah food prep sama dengan frozen food? Tentu saja tidak. Frozen food yang dibeli di pasaran biasanya sudah ditambahkan bahan pengawet. Sedangkan food prep yang disimpan di kulkas bertujuan untuk memperpanjang ketahanannya, tanpa ditambahkan pengawet sedikit pun.

Tentu ada trik khusus agar makanan tetap awet walau disimpan di dalam kulkas. Jangan menyimpan makanan dalam kondisi masih panas, agar uap air dari makanan tidak keluar dan membuat masakan menjadi lembab.

Dengan menjalankan metode food prep, kamu jadi bisa mengurangi jajan makanan di luar yang belum tentu terjaga kebersihannya, loh. Kamu juga tidak perlu khawatir akan kandungan gizinya. Makanan yang dibekukan dengan cara yang tepat akan tetap terjaga kualitasnya, kok, TemanBaik.


Foto: Unsplash.com



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler