Hotel Bintang Lima Ini Semangat Populerkan Zero Waste

Bandung - Kampanye anti penggunaan plastik di hotel, kafe dan restoran gaungnya kian meluas di berbagai negara. Tak ketinggalan, Indonesia dengan populasi 265 juta penduduk juga concern melawan ancaman limbah microplastic.

Selain di coffee shop, isu zero waste ternyata sudah lama menjadi fokus perhatian sejumlah hotel. Satu diantaranya yang mengambil langkah positif yaitu Hilton Hotel Bandung. Hotel bintang lima ini tak sendiri, brand Hilton lain di kawasan Asia Tenggara juga sudah kompak menjalani konsep zero waste ini.

Berita foto:  Intip Gaya Zero Waste di Hotel hilton Bandung

General Manager Hilton Hotel Bandung Kevin Girard mengatakan, menularkan kebiasaan baik itu diawali dari hal terkecil. Salah satunya dengan mengubah penggunaan amenities yang semula plastik ke arah kertas atau bahan lain yang ramah lingkungan. Tak ada kesulitan untuk mengubah kultur plastik, namun langkah itu harus ditempuh secara bertahap.

"Sejak 5 tahun terakhir jaringan Hilton telah menegaskan kampanye untuk menghilangkan penggunaan plastik. Kami sengaja membuat dua ajakan, yaitu travel with purpose dan meet with purpose. Hotel mengingatkan tamu yang menginap serta tamu meeting untuk menjalankan kebiasaan tanpa plastik," ujar Kevin saat dijumpai di Hilton Bandung, Kamis (19/7) petang.

Ia mencontohkan, seluruh menu minuman di Hilton Bandung telah menggunakan sedotan kertas yang eco friendly. Demikian saat makanan di-takeaway, tim food & beverage telah menyiapkan sendok dan garpu yang dibuat dari olahan kertas serta singkong.

Baca juga:  Ini Alasan Kenapa Harus Beralih ke Sedotan Non-Plastik Sekarang!

Kevin juga menyebut, tamu bisnisnya yang biasa menggunakan ruang meeting ke depan tak lagi disuguhkan minuman kemasan plastik. Sebagai gantinya ia menggunakan botol kaca atau opsi dengan fasilitas dispenser. Saat meeting, petugas hotel akan membantu menuangkannya dengan pouch yang juga berasal dari bahan kaca.

"Kami juga sering melihat penggunaan kertas sudah berkurang karena saat ini banyak tamu yang membawa laptop. Daripada terbuang sia -sia atau hanya digunakan untuk coretan enggak penting, lebih baik ditempatkan di lemari khusus. Jika diperlukan tinggal ambil sesuai kebutuhan," tuturnya.

Baca juga:  Gaya Hidup Zero Waste Gampang Kok, Begini Caranya

Bagaimana dengan travel with purpose di kamar hotel? Tak kalah tegas, Hilton juga mengubah kantung plastik laundry dengan kantung kain. Bahkan ia juga menyarankan tamu menggunakan handuk lebih lama jika memilih long stay. Tentu saja langkah kecil ini juga demi mengurangi limbah sabun dan cucian yang terserap air tanah.



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler