Dukung Ibu Sukses Menyusui Yuk!

Bandung - Pekan Menyusui Sedunia (World Breastfeeding Week) setiap tahun dari tanggal 1 sampai 7 Agustus di lebih dari 170 negara. Ini untuk mendorong pemberian ASI dan meningkatkan kesehatan bayi di seluruh dunia.

Nah, dalam hal pemberian ASI ternyata bukan saja peran ibu yang penting. Orang-orang disekeliling ibu seperti suami, orangtua, saudara bahkan teman-teman ibu juga bisa turut membantu loh. Caranya pun sederhana, apa saja?

1.Jangan Kritik, Beri Semangat
Perihal menyusui bukanlah hal yang mudah. Ada banyak ibu yang mengalami kesulitan saat memberikan ASI pada bayinya. Baik karena ASI yang keluar sedikit, puting yang lecet atau pelekatan yang salah. Alih-alih mengkritik mereka soal menyusui ini, berikan semangat supaya mereka merasa percaya diri. Karena kritik seringkali membuat ibu stres. Akibatnya ASI pun malah makin seret

Baca juga: Sesama Ibu Sebaiknya Saling Dukung, Jangan Mom-Shaming!

2. Buat Ibu Rileks dengan Pijatan
Cara efektif membuat ASI lancar adalah dengan memastikan kondisi ibu rileks. Salah satu hal yang bisa membuat rileks adalah pijatan. Pijatan tersebut akan meningkatkan pengeluaran hormon yang mendukung produksi ASI, yaitu prolaktin dan oksitosin.

3. Senangkan Hati Ibu
Jika hati ibu senang, maka ASI yang diproduksinya pun akan melimpah. Hal yang bisa menyenangkan ibu pun cukup sederhana loh. Misalnya bantu menyelesaikan pekerjaan domestik.

4. Bawakan Makanan Kesukaan
Ini sih selain menyenangkan hati ibu juga membantu memenuhi nutrisi untuk sang anak. Bawakan makanan kesukaan ibu adalah cara jitu membuat suasana hati ibu menjadi happy.



Foto ilustrasi Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler