Baik Untuk Kesehatan, Yuk Kenali Manfaat Lidah Buaya!

Bandung - Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang baik untuk kecantikan dan kesehatan. Tanaman yang memiliki nama lain Aloe Vera ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta 18 jenis asam amino.

Biasanya bagian yang sering dimanfaatkan adalah getah atau gel yang terdapat di dalamnya. Gelnya sendiri bisa dikeringkan terlebih dahulu, dimurnikan dan digabung dengan bahan lain, atau ada juga yang mengkonsumsinya secara langsung.

Selain itu, tanaman yang satu ini juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut ini manfaat-manfaat yang bisa berguna untuk kulit dan kesehatan:

Menyembuhkan Luka Bakar

Terkena luka bakar saat sedang beraktivitas? Jangan khawatir. Lidah buaya bisa berfungsi sebagai obat luka bakar yang ampuh dan mampu meregenerasi kulit. Kamu cukup mengoleskan getahnya pada luka yang sakit.

Mencegah Sakit Gigi

Lidah buaya ternyata dapat membantu meringankan sakit gigi. Sebuah penelitian mengungkapkan, berkumur dengan campuran air dan lidah buaya dapat mengurangi penumpukan plak akibat makanan pada gigi. Lewat anti bakterinya ini, lidah buaya dapat membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri pemicu penyakit gigi dan mulut.

Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Nyeri pada tenggorokan biasanya muncul akibat cuaca atau makanan. Menurut sebuah penelitian, lidah buaya merupakan tanaman yang tinggi akan antioksidan. Karena itu, dengan mengoleskan lidah buaya di atas rongga-rongga mulut secara rutin dapat membantu mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

Mengatasi Asam Lambung

Minum lidah buaya dipercaya bisa membant mengatasi naiknya asam lambung, karena lidah buaya tinggi akan kandungan nutrisi alami yang bisa menurunkan asam lambung.

Mengurangi Keriput

Lidah buaya memiliki khasiat antiaging yang kuat. Dengan mengaplikasikan gel lidah buaya secara teratur pada wajah selama 90 hari diklaim dapat memaksimalkan produksi kolagen, membuat kulit lebih halus dan kenyal, merehidrasi kulit, dan mencegah kulit kering dan kasar.

Mengobati Diabetes Tipe 2

Mengkonsumsi jus lidah buaya sangat baik untuk kesehatan. Dengan meminumnya secara teratur dapat membantu meringankan gejala diabetes tipe 2, yaitu meningkatkan sensitivitas insulin tubuh juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Jika di halaman rumah kamu terdapat tanaman lidah buaya, jangan dibiarkan begitu saja. Kamu bisa memanfaatkannya untuk masalah kulit dan kesehatan, loh, TemanBaik!


Foto: unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler