Mencoba Rileks dengan Dengarkan Suara-suara Unik Ini

Bandung - Ada banyak cara untuk mengusir rasa khawatir, stres hingga sulit tidur. Mulai dari mengubah gaya hidup jadi lebih sehat hingga mengonsumsi obat-obat tertentu. Pernahkah TemanBaik mencoba hal unik lain untuk membantu membuat tidur lebih nyenyak dan perasaan terasa nyaman?

Jika kamu gemar menyimak suara-suara unik, maka tidak ada salahnya untuk coba mendengarkan video Autonomous Sensory Meridian Response atau ASMR. Istilah ASMR sendiri pertama kali diperkenalkan oleh pakar siber, Jeniffer Allen pada tahun 2010.

ASMR mampu memberikan sensasi menggelitik pada pendengarnya, sensasi unik tersebut diklaim menyenangkan sekaligus menenangkan. Suara ASMR akan dikirim ke otak kemudian menjalar ke kulit, leher hingga bagian tubuh lain sebagai respons dari rangsangan suatu bunyian yang konstan dan berulang.

Jenis bebunyian ASMR yang paling populer adalah suara berbisik, memotong benda berulang kali, meremas kemasan plastik hingga mengetuk permukaan seperti meja kayu atau papan tulis. Selain itu, suara aliran air atau bahkan suara mulut ketika mengunyah makanan juga bisa dikategorikan sebagai bebunyian ASMR.

Menurut Dr. Richard dari asmruniversity.com, sensasi ASMR dikategorikan menjadi dua sensasi, yaitu fisiologis dan psikologis. Secara fisiologis dapat berupa rasa kesemutan, menggigil atau gelombang di kepala, leher, tulang belakang dan seluruh anggota tubuh. Sedangkan sensasi psikologis berupa perasaan yang menyenangkan, kebahagiaan, rasa nyaman, tenang, damai, relaksasi atau mengantuk.

Meski begitu, ASMR tentunya merupakan pengalaman yang sangat personal, maka tidak semua orang dapat mengalami sensasi ASMR. Bagi beberapa orang, bisa jadi tidak ada sensasi apapun sama sekali ketika menonton video atau mendengarkan suara ASMR.


Foto ilustrasi: Unsplash.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler