Ini yang Bisa Kamu Lakukan Jika di Sekitarmu Ada yang Depresi

Bandung - Beberapa orang mungkin menganggap depresi adalah sesuatu yang akan pergi dengan sendirinya. Hal ini bisa jadi dikarenakan para penderita depresi sering kali terlihat biasa saja bahkan ceria dalam kesehariannya. Depresi mungkin bisa hilang, namun juga bisa jadi masalah kesehatan mental yang serius.

Penyebab depresi merupakan gabungan beberapa faktor, seperti genetik, biologis, lingkungan hingga kondisi psikologis seseorang. Depresi juga dapat muncul akibat terjadinya tekanan yang tidak dapat dikendalikan dari seseorang. 

Ketika TemanBaik mengalami depresi, maka kemampuan untuk berpikir, belajar dan mengingat suatu informasi pun akan ikut terganggu. Penelitian yang dilakukan Center for Addiction and Mental Helath (CAMH) di Kanada menyebutkan bahwa peradangan yang lebih besar di otak merupakan respon umum degenerasi otak ketika berkembang. Hal yang serupa terjadi pada penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Langkah awal untuk mengatasi depresi adalah dengan mengetahui gejala-gejalanya, seperti rasa sedih yang terus-menerus hingga kehilangan ketertarikan atau semangat akan sesuatu. Selain itu, terjadi juga perubahan drastis dalam kebiasaan, seperti menurunnya nafsu makan dan gemar menyendiri. 

Pada tingkat tertentu, depresi juga dapat membuat penderitanya sulit berkonsentrasi, kerap behalusinasi atau bahkan mengalami luapan emosi tak terkendali. Depresi juga dapat memunculkan dorongan untuk membunuh diri atau melampiaskannya dengan membunuh orang lain. 

Jangan anggap sepele rasa depresi, jika kamu menemukan orang-orang dengan gejala demikian, maka jadi lah teman mengobrolnya. Mendengarkan dan berempati terhadap masalah yang dihadapi juga merupakan hal salah satu bantuan yang bisa TemanBaik berikan. Terakhir, jangan ragu untuk konsultasikan masalah yang dihadapi pada psikiater dan dokter ahli.



Foto: Unsplash.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler