Aksi Sederhana Ini Bantu Selamatkan Bumi Loh

Bandung - Banyak hal mudah dan sederhana yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan dan bumi kita tercinta. Usia bumi yang kian bertambah membuat kita harus sadar untuk selalu menjaga lingkungan dan bahayanya global warming. Menipisnya ozon juga dapat berakibat pada semakin besarnya paparan sinar matahari yang dapat membahayakan kulit.

Tunggu apa lagi, saatnya melakukan hal-hal yang dapat bermanfaat bagi lingkungan dan bumi. Kamu bisa memulainya dari lingkungan sekitar dan hal-hal paling dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dengan membiasakan diri melakukan hal-hal kecil dan sederhana berikut, kamu juga sudah menjadi bagian dalam aksi penyelamatan bumi.

Bawa Kantong Belanjaan Sendiri
Jumlah sampah berbahan plastik d bumi ini sangatlah banyak dan cukup mengkhawatirkan. Tidak sedikit juga yang membuang limbah plastik ke lautan sebagai tempat pembungan terakhir. Keberadaanya di dalam laut akan menjadi microbeads yang kemudian dimakan oleh hewan laut. Banyak terumbu karang Indonesia pun menjadi rusak dikarenakan sampah plastik ini.

Saatnya mengurangi jumlah penggunaan plastik, terutama ketika kamu berbelanja. Membawa kantong belanja sendiri dan mengurangi penggunaan plastik adalah salah satu cara menyelamatkan dunia. Cobalah untuk membiasakan diri membawa belanjaan sendiri mulai dari sekarang ya!

Hemat Energi Listrik
Penggunaan energi yang besar menjadi salah satu penyebab utama emisi gas rumah kaca. Dengan melakukan penghematan pemakaian energi, setidaknya TemanBaik dapat turut membantu menyelamatkan bumi. Selain menyelamatkan bumi, kamu juga sekaligus dapat menghemat biaya pengeluaran listrik.

Jangan lupa mematikan lampu jika tidak digunakan, seperti ketika tidur dan mencabut saklarnya ketika meninggalkan rumah. Kamu harus memastikan kabel yang terhubung dengan listrik dicabut ketika akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Sebab kabel yang masih tersambung tetap akan menarik daya listrik.

Hemat Air
Menghemat air adalah salah satu cara untuk menjaga keberadaan air bersih yang kita miliki. Biasakan untuk menggunakan air seperlunya, serta menadah air bekas yang sekiranya dapat kembali digunakan.

Penggunaan air bekas yang tidak terlalu kotor dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti menyiram tanaman hingga menyuci mobil. Kebiasaan menadah air ini juga harus dibarengi dengan kebiasaan menghemat air ya, TemanBaik.

Bawa Botol Minum Sendiri
Bagi TemanBaik yang tidak terbiasa membawa air dalam botol minum sendiri, sepertinya kebiasaan ini bisa mulai diterapkan. Membeli minuman kemasan plastik akan menyumbang sampah plastik yang berbahaya banget buat ekosistem laut.

Dengan membiasakan diri membawa air dalam botol minum sendiri, TemanBaik telah menjadi bagian dari penyelamatan laut dan bumi.

Pakai Transportasi Umum
Polusi dari kendaraan bermotor adalah penyumbang kotornya udara serta rusaknya ozon. Udara yang tak segar tentunya akan berdampak pada kesehatan kita. Oleh sebab itu, cobalah untuk menggunakan angkutan umum.

Dengan menggunakan transportasi umum, kamu tidak akan menambah jumlah kendaraan di jalanan. Hal ini juga membantu lalu lintas jadi lebih lancar dan tentunya tidak menambah polusi udara.

Yuk mulai terapkan kebiasaan-kebiasaan baik sebagai upaya penyelamatan bumi ini.




Foto: unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler