Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Negara

Bandung - Hari raya Kurban merupakan perayaan yang dinanti oleh semua umat beragama, karena setelahnya kita akan mendapatkan jatah daging kurban. Ada banyak negara di dunia yang masyarakatnya turut merayakan Idul Adha. Dari negara-negara di dunia, ternyata ada beberapa keunikan tersendiri dalam merayakan hari raya kurban tersebut.

Berikut ini beberapa tradisi unik yang biasa dilakukan di berbagai negara di dunia.

Mesir
Di Mesir, perayaan Idul Adha berlangsung selama tiga hari. Walau begitu, masyarakat di sana jarang melakukan penyembelihan hewan kurban. Pembagian daging kurban biasanya dilakukan oleh LSM setempat.

Sama halnya dengan di Indonesia, masyarakat mesir biasanya melakukan ibadah salat id di lapangan-lapangan khusus yang sudah disiapkan oleh pemerintah.

Pada umumnya, masyarakat Kairo memotong hewan kurban di jalanan, sehingga warna merah darah terlihat di mana-mana. Uniknya lagi, sebagian masyakat di Mesir menghias hewan kurban mereka sebelum disembelih.

China
China memang bukan negara Islam, tapi ada beberapa masyarakat di sana yang merayakan Idul Adha. Di China kemeriahan Idul Adha berlangsung hingga empat hari. Di China, hanya laki-laki yang melaksanakan salat id, kaum perempuan dilarang untuk salat id ke masjid.

Selepas salat id, biasanya masyarakat di China mengadakan beberapa perayaan, seperti membaca ayat-ayat al-quran, menyanyikan kasidah-kasidah dan nasyid keagamaan. Selain itu, terdapat beberapa pasar dadakan yang juga turut memeriahkan perayaan yang dilangsungkan selama empat hari berturut-turut itu.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Hewan Kurban di Jabar Diperiksa Tim Khusus

Maroko
Di Maroko, libur Idul Adha berlangsung selama tiga hari. Ketika libur, para masyarakat membanjiri masjid dan menghabiskan waktunya untuk beribadah dan mengaji. Maroko juga mempunyai hidangan khas Idul Adha yang bernama mrouzia dan boulfaf. Makanan ini terbuat dari daging sapi dan domba yang dibakar atau direbus dengan rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang lezat.

Pakistan
Pakistan bisa dibilang sebagai salah satu negara Islam yang begitu menjunjung tinggi berbagai hari raya di dalam Islam. Pada hari Idul Adha, umat muslim di Pakistan menutup tokonya dan pemerintah meliburkan pegawainya selama empat hari agar bisa menjalankan puasa Arafah dan merayakan Idul Adha dengan khidmat.

Hal unik yang dilakukan masyarakat Pakistan adalah mereka memandikan hewan kurbannya sebelum dipotong. Tradisi memandikan hewan kurban ini dilakukan untuk menjaga kebersihan kambing dan sapi sebelum dijual. Setelah hewan kurban dimandikan dengan bersih, hewan tersebut akan dihias dengan kalung-kalung bunga serta hiasan-hiasan plastik. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap pengorbanan yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim As.

Bangladesh
Perayaan Idul Adha di Bangladesh diadakan selama tiga hari, yang diikuti dengan membaca alquran dan mengaji di masjid. Menjelang Idul Adha, masyarakat Bangladesh memiliki tradisi mudik.

Untuk penyembelihan hewan kurban di Bangladesh tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Orang yang akan menyembelih haruslah yang benar-benar sehat dan sudah cukup umur.


Foto: Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler