Awal Mula Tanda Pagar Dipakai di Media Sosial

Bandung - Fitur hashtag atau tanda pagar yang akrab dikenal dengan akronim tagar hari ini, 23 Agustus tengah merayakan ulang tahunnya yang ke-11. Seorang mantan teknisi Twitter bernama Chris Messina adalah orang pertama yang mendapatkan ide untuk menggunakan tagar.

Ide tagar ini terinspirasi Messina dari platform chatting bernama IRC yang saluran percakapannya di awali dengan simbol pagar (#). Tagar kemudian digunakan Messina untuk membuat platform agar lebih relevan dengan kategori atau topik yang diminati pengguna Twitter.

Messina kemudian mengunggah sebuah tweet pertamanya yang menggunakan tagar pada 23 Agustus 2007. Sejak saat itu tagar mulai ramai digunakan dan setiap tanggal 23 Agustus kemudian diperingati sebagai Hari Tagar Sedunia.

Baca juga: Twitter Rilis Emoji Spesial Kemerdekaan RI

Sejak pertama kali diperkenalkan Messina, simbol tagar pun semakin berkembang dan menjadi salah satu ikon yang paling banyak digunakan tak hanya di Twitter. Berbagai platform sosial seperti Instagram dan Path pun menggunakan tagar untuk memudahkan kategori dan pencarian.

Ngomong-ngomong tentang tagar, TemanBaik ingat tidak apa tagar pertama yang kamu gunakan di Twitter?


foto: www.shortstack.com



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler