Saat Gempa Terjadi, Ini yang Harus Dilakukan

Bandung - Gempa bumi kerap kali terjadi tanpa tanda peringatan, dan biasanya diikuti dengan gempa susulan yang kekuatannya lebih kecil dari gempa awal. Ketika gempa terjadi, seringkali kita tidak bisa berpikir jernih dalam menentukan langkah apa yang harus dilakukan.

Berikut ini tindakan-tindakan yang bisa dipersiapkan untuk dilakukan saat terjadi gempa bumi di sekitar kita.

Berlindung di Tempat yang Aman
Berlindunglah di sudut ruangan, sebab tempat tersebut biasanya memiliki kontruksi bangunan yang bagus dan aman dijadikan sebagai tempat berlindung. Kamu juga bisa berlindung di kolong meja atau bangunan kokoh lainnya. Jangan berlindung di dekat barang yang kontruksi yang rawan jatuh dan ambruk, seperti jendela, pintu, atau kaca.

Carilah Area Terbuka
Ketika gempa terjadi dan kamu sedang berada di luar ruangan, carilah area terbuka, seperti lapangan atau halaman yang luas misalnya. Hindari menepi di sekitaran gedung, tiang listrik,, atau pohon. Berlindung di area tersebut khawatir akan membuat kamu terkena reruntuhan.

Baca juga: Mengenal Teknologi Risha, Rumah Tahan Gempa Buatan Indonesia

Jangan Keluar Ruangan Sampai Aman
Menurut penelitian, sebagian besar cedera terjadi saat mereka berbondong-bondong berpindah tempat berlindung, Usahakan tetap berada di dalam ruangan sampai situasi dan kondisi aman terkendali. Lebih baik bertahan sebentar dari pada harus terluka, bukan?

Tetap Tenang Saat Berada di Mal
Jika gempa terjadi dan kamu sedang berada di mal, usahakanlah untuk tetap tenang. Ikuti petunjuk dari petugas keamanan. Hindari penggunaan lift saat terjasi gempa. Gunakanlah tangga darurat.

Menepilah Jika Berada di Dalam Kendaraan
Apabila kamu merasakan gempa saat berada di dalam mobil, hentikanlah kendaraanmu. Setelah itu, bergeraklah untuk menuju tempat terbuka yang aman untuk mengungsi.


Foto: escape.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler