Liburan Hemat ala Staycation Ini Bisa Kamu Coba

Bandung - Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk TemanBaik liburan, melepaskan kepenatan dari rutinitas. Berdasarkan hasil penelitian dari Journal Applied Research in Quality of Life menyebutkan kalau rasa bahagia akan meningkat pada orang-orang yang telah melakukan liburan. Manfaat liburan juga diungkapkan penelitian The Global Commission on Aging and Transamerica Center di Amerika Serikat, yang menyebutkan berlibur dapat membuat kita lebih awet muda.

Sayangnya, diperlukan lebih dari dua hari jika kamu pergi liburan ke luar kota. Padahal, berlibur tidak melulu harus ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. TemanBaik bisa berlibur dengan asyik di dalam kota dengan konsep staycation. Dan yang paling penting, liburan tidak selalu harus mengeuarkan dana yang besar.

Staycation adalah gabungan dari kata 'stay' yang berarti tetap dan 'vacation' yang berarti liburan. Istilah staycation atau juga disebut holistay (holiday-stay) adalah istilah yang pertama kali muncul tahun 2003 di Amerika Serikat, ketika negara tersebut mengalami krisis keuangan. Staycation dianggap sebagai cara berlibur yang asyik sekaligus hemat dan memungkinkan dapat dilakukan para pekerja.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Hilangkan Stres Setelah Bekerja

Staycation dapat diartikan sebagai liburan yang dilakukan di kota dan negara sendiri. Liburan ala staycation juga bisa dilakukan di sekitar rumah, seperti piknik di taman atau barbeque di halaman belakang.

Atau kalau punya budget lebih bisa juga dengan menginap di hotel di dalam kota untuk sekedar bersantai menikmati suasana berbeda.

Ingin hiburan ala staycation yang lain, kamu juga bisa bersepeda, mengunjungi festival dan atraksi-atraksi lokal. Selain itu, melakukan perjalanan ke hutan atau bisa juga dengan bermalam di sebuah hotel atau guesthouse di dalam kota. Dengan kata lain, staycation adalah liburan dengan cara menjadi turis di kota sendiri.

Selain tentunya menghemat pengeluaran, berlibur ala staycation memiliki banyak keuntungan. Kamu tidak perlu memesan tiket pesawat, membayar sewa hotel mahal juga tidak perlu menyewa kendaraan.



Foto ilustrasi: Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler