Me Time, Cara Mudah untuk Bikin Hidup Lebih Bahagia

Bandung - Jika pekerjaan yang kamu lakukan mulai menemui titik jenuh atau bekerja jadi terasa tidak produktif, merasa stres dan kesulitan berkonsentrasi, maka ini saatnya kamu untuk mulai 'me time'. Sesibuk apapun aktivitas dan pekerjaan kamu, usahakanlah untuk tetap bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri alias me time.

Secara umum, me time adalah waktu yang diluangkan untuk diri sendiri tanpa kehadiran orang lain, sehingga kita bisa beraktivitas sendirian. Me time bisa dikatakan sebagai waktu luang yang benar-benar dinikmati sendirian secara tenang dan nyaman. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam me time. Kamu bisa melakukan hobi dan hal-hal yang digemari seperti menonton, membaca, bersepeda, memasak atau bahkan tidak melakukan apa-apa. 

Meski terkesan mudah dan sederhana, meluangkan dan melakukan hal-hal kesukaan ternyata mampu membuatmu merasa segar dan melepas segala stres. Kemudian energimu akan terisi kembali secara penuh. Selain akan lebih produktif, sejumlah manfaat lainnya juga dapat kamu rasakan jika kamu meluangkan waktumu dalam sehari untuk me time.

Lebih Menikmati Hidup
Dengan menyisihkan waktu untuk melakukan apa yang kamu sukai, maka kamu memiliki work-life balance dan mempunyai sesuatu yang kamu tunggu-tunggu. Maksudnya, ketika kamu menyukai hobi menonton atau membaca, sepulang kerja ada hal bisa kamu lakukan untuk menuntaskan hobimu tersebut.


Meningkatkan Kreativitas
Menurut Susan Cain dalam bukunya berjudul ‘Quite’, kesendirian adalah bahan penting untuk meningkatkan kreativitas. Bertukar ide bersama atau brainstorming yang sering disebut sebagai solusi untuk hasilkan ide-ide kreatif malah menunjukkan kalau hal tersebut menjadi bumerang. Brainstorming mungkin malah membuat orang terasa terdesak dalam grup dan kekhawatiran tentang apa yang orang-orang pikirkan tentang ide-ide kamu.

Membebaskan Diri
Menyendiri memberikan waktu untuk kamu bebas melakukan apapun dan di manapun yang kamu inginkan. Tentunya hal ini menjadi langka seiring bertambahnya usia serta kesibukan yang tidak henti. Dengan meluangkan waktu untuk melepaskan dan menghabiskan waktu sendiri akan menciptakan keseimbangan dan memperkaya perspektif.

Mempererat Hubungan
Me time juga mampu memperkuat hubungan kamu dan pasangan, sebab tidak ada yang salah dengan menikmati waktu sendiri. Menghabiskan waktu sendiri dapat membantu kamu mendapatkan pandangan lain tentang sebuah hubungan. Me time juga memberikan waktu untuk istirahat dari kehidupan sosial dan diklaim mampu menumbuhkan rasa percaya pada pasangan. Me time juga baik untuk mengembangkan diri pada masing-masing pasangan.

Foto: Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler