Perhatikan Hal-hal ini Saat Wawancara Kerja

Bandung - Mendapat panggilan wawancara kerja merupakan hal yang paling didambakan, terutama bagi TemanBaik yang benar-benar ingin bekerja di perusahaan tersebut. Untuk mendapatkan wawancara yang lancar dan membuat pewawancara terkesan, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan loh!

Selain menyiapkan berkas penting yang diperlukan kebutuhan wawancara, ada juga faktor lain yang kamu perlu perhatikan, yaitu mental dan kemampuan kamu ketika menjawab pertanyaan. Jangan sampai kamu memberikan kesan yang kurang baik ketika wawancara. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu hindari dan perhatikan ketika wawancara kerja.

Tepat Waktu
Siapkan diri untuk bangun dan datang lebih awal dari jadwal yang ditentukan untuk menghadiri wawancara kerja. Jika kamu datang terlambat ketika wawancara, HRD bisa saja beranggapan bahwa kamu adalah orang yang tidak bertanggung jawab akan sebuah pekerjaan. Datang terlambat juga akan membuat kamu terburu-buru sehingga berisiko menghambat hal lain, seperti tidak sempat sarapan, ada barang yang tertinggal dan lainnya.

Beri Kesan Positif
Jika kamu sudah bekerja sebelumnya, maka pertanyaan 'Apa alasan kamu keluar dari tempat kerja sebelumnya?' kemungkinan besar akan muncul ketika wawancara. Hindarilah mengatakan hal buruk mengenai perusahaan tempat bekerjamu terdahulu. Ketika kamu tetap mengatakannya, hal tersebut tidak akan membuat kagum si pewawancara.

Baca juga: Kenapa Pekerja Lepas Jadi Pilihan Hidup Para Milenial?

Jangan Berlebihan
Hindarilah berkata "Saya siap melakukan apa saja", mungkin perkataan tersebut bermaksud kamu siap menghadapi tantangan yang diberikan perusahaan, ternyata itu salah. Pernyataan demikian ternyata membuatmu terdengar putus asa. Selain itu, hindari juga untuk memohon diterima secara berlebihan.

Tunjukkan Kamu Orang yang Tepat
Seorang CEO Trend HR, DW Bobst menyarankan untuk ucapkan dengan jelas mengenai pekerjaan yang membuatmu paling nyaman. Kamu juga dapat bercerita secara singkat mengenai latar belakang serta hal-hal yang belum pernah kamu kerjakan dan kamu sangat tertarik melakukannya. Dan yang paling penting, kamu harus menunjukkan kalau kamu adalah orang terbaik yang diperlukan untuk posisi yang dibutuhkan.

Perhatikan Penampilan dan Tubuh
Ketika wawancara berlangsung, hindari posisi duduk bersandar, membungkuk atau menunjukkan postur tubuh yang tidak semestinya. Aturlah posisi duduk yang tegak, mengarah ke depan dan terlihat bersemangat, posisi ini menunjukkan minat dan ketertarikan kamu terhadap apa yang disampaikan oleh pewawancara. Perhatikan juga penampilan kamu ketika sesi wawancara akan berlangsung, rapikan baju, rambut, dan pastikan parfummu tidak berlebihan.

Intonasi Suara
Ketika wawancara, aturlah suara dan intonasi kamu sedemikian baik agar tidak terkesan monoton. Berikanlah penekanan terhadap hal-hal yang menarik bagimu. Penekanan intonasi dapat menunjukkan kalau kamu orang yang menyenangkan, enerjik dan tidak kaku.

Selamat wawancara, semoga lancar dan berhasil ya.



Foto: Unsplash.com





Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler