Cobain Yuk, Jalan-jalan Hemat ala Backpacker

Bandung - Jalan-jalan atau berlibur mengunjungi tempat wisata adalah salah satu cara untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas. Liburan atau jalan-jalan pun tidak melulu harus memerlukan dana yang besar, TemanBaik tetap bisa jalan-jalan dengan dana yang terbatas ala backpacker.

Backpacer adalah istilah yang biasa digunakan bagi para pelancong yang berjalan kaki sambil membawa ransel. Istilah ini kemudian meluas dan bisa berarti perjalanan hemat atau dengan dana cukup dan terbatas. Nah bagi TemanBaik yang berencana berlibur ala backpacker yang hemat, tips berikut dapat menjadi panduan.

Tentukan Tujuan Perjalanan
Untuk anggaran yang terbatas, kamu bisa memilih pergi ke tempat yang jaraknya mudah dijangkau dan tidak menguras isi kantong. Tentunya kamu tidak perlu ke luar negeri, pilihlah destinasi tempat wisata di dalam negeri yang tidak kalah indah, seperti Bandung, Bali, Yogyakarta dan masih banyak lagi.

Buat Rencana Perjalanan
Jika tujuan perjalanan telah ditentukan, langkah selanjutnya adalah membuat rencana perjalanan. Merencanakan perjalanan berperan penting agar perjalananmu tidak kacau, terutama bagi kamu yang baru pertama kali akan backpacker. Menyusun rencana perjalanan akan membantu mengurangi masalah-masalah yang tidak terduga.

Baca juga: Hotel dengan Internet Super Kencang Jadi Incaran Traveler Muda

Hubungi Teman
Agar selama perjalanan kamu tidak sendirian, kamu bisa menghubungi teman untuk melakukan backpacker bersama. Mengajak teman juga merupakan cara termudah untuk membagi dana yang keluar selama perjalanan, seperti sewa penginapan, sewa kendaraan atau membeli makanan.

Selain menghubungi teman untuk diajak backpacker, TemanBaik juga dapat menghubungi teman yang berada di lokasi wisata. Kamu bisa mengunjungi rumahnya, berwisata bersama atau sekadar bertemu di kedai kopi.

Hindari Akhir Pekan
Pada akhir pekan, semua tempat wisata akan ramai dipenuhi orang yang juga berlibur. Tak hanya itu, harga tiket dan penginapan pun akan naik tarifnya pada akhir pekan. Oleh sebab itu, usahakan untuk dapat melakukan perjalanan di hari biasa. Kamu bisa sengaja ambil cuti di hari kerja agar dapatkan perjalanan yang lebih lancar dan tarif normal.

Penginapan dan Tempat Wisata Murah
Pilihlah penginapan jenis hostel, homestay atau guesthouse yang memiliki biaya sewa jauh lebih murah jika dibandingkan hotel, apartemen atau resort. Jangan lupa tetap memerhatikan kebersihan, fasilitas, kenyamanan dan lokasi penginapan berada. Pilihlan penginapan yang memiliki lokasi tidak jauh dari tempat destinasi wisata.

Untuk tempat wisata, pilihlah yang tiket masuknya murah atau bahkan gratis, seperti yang berada di pantai atau taman kota. Perhatikan juga musim keberangkatan, sebab harga tiket masuk tempat wisata biasanya akan semakin mahal pada musim liburan.

Baca juga: Liburan Hemat ala Staycation Ini Bisa Kamu Coba

Bawa Barang Secukupnya
Seperti namanya, kamu hanya akan membawa tas ransel alias backpack, karena itu, bawalah barang yang dibutuhkan secukupnya. Sesuaikan barang yang akan dibawa dengan tujuan dan lamanya waktu perjalanan kamu. Membawa terlalu banyak bawaan akan merepotkan dan membuat kamu berisiko membayar bagasi lebih.

Berjalan Kaki
Hindari penggunaan taksi dan pilihlah transpotasi umum seperti bus, angkot atau jika memungkinkan kamu juga bisa berjalan kaki. Dengan berjalan kaki, kamu bisa lebih sehat dan dapat menikmati sudut-sudut tersembunyi yang kamu datangi.

Foto: Unsplash.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler