Wisata Medis, Berobat Sambil Jalan-jalan

Bandung - Berobat ke rumah sakit, lekat dengan kondisi muram dan menakutkan. Tapi itu dulu loh, di zaman canggih justru lagi hits yang namanya medikal tourism alias wisata medis. Seperti apa sih?

Sama halnya seperti perjalanan wisata, medical tourism juga pasti membidik satu RS terbaik yang pelayanannya keren, sekaligus punya lokasi yang strategis bagi para pelancong. Wisata medis juga enggak hanya di dalam negeri loh, banyak juga dari keluarga pasien yang menjalaninya sampai ke mancanegara.

"Medical tourism itu menjadi gaya hidup baru untuk memupus anggapan, kalau sakit itu menyedihkan. Penyembuhan itu justru datang dari aktivitas menyenangkan dan didukung juga oleh teknologi kedokteran yang sangat canggih. Dengan konsep inilah haralan untuk sembuh bisa lebih besar," ujar Senior Manager Business Development Sunway Medical Centre Malaysia Faith Tang, kepada BeritaBaik.

Ia menceritakan, hampir 50 persen pelancong medis yang singgah di Sunway berasal dari Indonesia. Tak hanya berikhtiar untuk mencapai kesembuhan, pasien yang punya visi modern juga meluangkan waktunya untuk berjalan-jalan di mal, memburu kuliner memilih hotel ternyaman yang dekat dengan lokasi RS.

"Konsep ini bisa dikatakan juga sebagai one stiop medical karena di era milenial orang lebih sesuatu yang terpadu di satu kawasan. Selain memikirkan kenyamanan pasien, keluarga yang mendampingi juga harus nyaman tidurnya, kondisi lahiriahnya juga positif," jelasnya.

Baca juga: IMeL, Ajak Dokter Tangkis Berita Hoax Soal Kesehatan

Faith mengemukakan, selain memperkuat konsep jalan-jalan sambil berobat, Sunway juga memperkenalkan sejumlah alat-alat medis canggih untuk pengobatan kanker dan parkinson. Baginya, dengan pemanfaatan teknologi digital, ia berharap pasien tak lagi memandang kanker sebagai penyakit yang mematikan.

Ia menyebutkan sejumlah sarana perawatan kanker modern seperti Gamma Knife ICON, Truebeam STX, IORT (kanker payudara), Da Vinci (kanker prostate), branchy therapy, PET CT Scan dan Spect-CT scan.



Foto: dokumen Sunway Medical Centre


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler