Hemat Keuangan dengan Cara Ini, Yuk!

Bandung - Mengelola keuangan adalah hal yang perlu dilakukan, baik untuk kamu yang sudah atau belum memiliki pendapatan. Dengan pengelolaan yang tepat, TemanBaik akan memiliki kondisi keuangan yang lebih stabil dan hal tersebut sangat diperlukan di kehidupan modern seperti saat ini. 

Mengubah beberapa kebiasaan tidak baik dan menggantinya dengan kebiasaan mengatur uang dan menabung akan mengubah keadaan uangmu. Beberapa cara berikut bisa kamu coba lakukan untuk membuat kondisi keuanganmu jadi lebih baik. Cobain yuk!

Tabungan Berencana

Untuk mendapatkan keuangan yang arus masuk dan keluarnya lebih jelas, kamu bisa melakukan tabungan berencana. Setiap bulannya, kamu harus menyisihkan sejumlah uang yang bisa didebet secara otomatis. Jika saldonya kurang, kamu bisa dikenakan denda. Dengan cara ini, mau tidak mau kamu akan berusaha untuk menyisihkan uang untuk menabung. Uang yang kamu sisihkan ini dapat menjadi tabungan yang dapat kamu gunakan di masa mendatang ketika dibutuhkan. 

Perhatikan Pengeluaran

Selanjutnya, lakukanlah pengamatan pengeluaran yang ada di tiap bulan. TemanBaik bisa memulainya dengan mengumpulkan struk, slip dan tagihan dalam waktu satu bulan, kemudian kamu dapat menghitung total keseluruhannya. Cara ini dapat memperkirakan berapa banyak pengeluaran yang dikeluarkan untuk bulan selanjutnya. Dengan begini, kamu juga memangkas beberapa pengeluaran yang sekiranya berlebihan atau tidak begitu diperlukan. 

Kebutuhan Prioritas

Belanja bulanan merupakan kegiatan wajib yang dilakukan untuk membeli barang-barang yang kamu butuhkan dalam satu bulan. Sebelum melakukan belanja bulanan, buatlah terlebih dahulu anggaran belanja tentang barang-barang apa saja yang dibutuhkan. Membuat daftar belanja sangat berguna untuk menghindarkan diri dari membeli barang-barang yang tidak benar-benar diperlukan. 

Penting juga untuk memikirkan kembali apa yang ingin kamu beli, apakah memang kamu membutuhkannya atau keinginan semata. Menuruti apa-apa yang diinginkan dapat memicu kamu untuk berperilaku impulsif dan berakhir dengan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Termasuk dalam melihat promosi dan diskonan, kamu tetap harus memikirkannya juga sebelum membelinya ya.

Bandingkan Harga

Dalam membeli sesuatu seperti belanjan bulanan, kamu bisa memerhatikan harga barang-barang di tempat belanja lalu membandingkan harganya dengan tempat lain. Carilah tempat berbelanja yang barang-barangnya lebih murah, hal ini tentunya akan menekan pengeluaran kamu nantinya.

Cek Listrik dan Air 

Penggunaan listrik dan air kerap kali diabaikan, padahal menghemat listrik dan air adalah salah satu cara menghemat pengeluaran yang paling sederhana. Mulailah kebiasaan mematikan televisi atau komputer yang tidak digunakan dan mencabut kabelnya jika meninggalkan rumah. Sebab, kabel yang masih aktif tersambung juga dapat menyedot listrik juga. 

Begitu juga dengan penggunaan air, biasakanlah untuk menggunakan air seperlunya dan menadah air bekas yang sekiranya dapat digunakan kembali. Penggunaan air bekas yang tidak terlalu kotor dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti menyiram tanaman hingga menyuci mobil. Selain hemat, hal ini juga merupakan salah satu cara menyelamatkan lingkungan.

Berjalan Kaki

Biasakanlah berjalan kaki ke suatu tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh, selain menghemat biaya transportasi berjalan kaki juga dapat menyehatkan tubuhmu. Kamu bisa mencobanya ketika akan ke tempat perbelanjaan, toko, ke rumah teman atau tempat lainnya dengan berjalan kaki, pengeluaranmu pun akan semakin berkurang.

Kalau Bisa Sewa Kenapa Harus Beli?

Jika kamu menginginkan membeli sesuatu namun harganya ternyata mahal, kamu bisa menyiasatinya dengan menyewanya saja. Barang-barang yang dapat disewa antara lain buku, alat olahraga, mainan anak dan lainnya. Selain menyewa, kamu juga melakukan barter buku atau barang lainnya pada teman. Tentunya hal ini dapat mengehemat pengeluarannmu. Selamat mencoba!

Foto: Unsplash.com



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler